09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tips menyikapi perubahan fisik selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat3147 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips menyikapi kenaikan berat badan selama kehamilan

Bunda yang sedang hamil pasti merasakan perubahan fisik selama masa kehamilan. Karena faktor hormonal dan janin yang terus bertambah besar, bagian perut, payudara, dan mungkin telapak kaki bunda akan membesar. Perubahan fisik selama masa kehamilan biasanya juga akan muncul pada rambut, kulit, dan kuku bunda.

Baca juga: Tips menangani asma pada balita

Beberapa wanita, terutama mereka yang sedah pernah hamil sebelumnya, menyikapi perubahan ini sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses mengandung calon buah hati. Sebagian lagi mungkin merasa kurang nyaman dengan perubahan tersebut. Bila bunda termasuk golongan kedua, berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu bunda untuk merasa nyaman dan lebih menikmati masa kehamilan beserta berbagai perubahan di dalamnya.

Berubahan fisik selama kehamilan

1. Terdapat alasan istimewa dibalik perubahan bentuk tubuh pada masa kehamilan. Perubahan bentuk tubuh bunda berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan calon buah hati di dalam kandungan untuk menjaganya tumbuh dengan sehat. Bila bunda tidak mencapai peningkatan berat badan yang ideal selama kehamilan, hal ini berpotensi memicu bayi lahir prematur.

2. Jangan cemas dengan berat badan yang terus naik. Peningkatan berat badan selama kehamilan biasanya berkisar antara 10 hingga 13 kg, tergantung pada berat badan bunda sebelum hamil. Jangan membatasi asupan makanan karena takut akan peningkatan berat badan karena hal ini malah bisa berbahaya bagi kesehatan bunda dan janin. Bila bunda khawatir akan mengalami kenaikan berat badan yang lebih dari normal, bunda bisa meminta saran dari profesional di bidang kesehatan yang merawat bunda selama kehamilan.

Baca juga: Tips memilih pasta gigi untuk si kecil

3. Konsumsilah camilan sehat. Adalah baik bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi camilan sehat di antara waktu-waktu makan. Jangan tergoda dengan snack dalam kemasan atau junk food karena makanan-makanan tersebut mengandung lemak jenuh, garam, dan gula yang cukup tinggi. Sebagai gantinya, makanlah kudapan sehat seperti buah-buahan segar atau yang telah dikeringkan, yogurth, milkshake, keju, atau biskuit gandum.

4. Bicarakan kekhawatiran yang anda rasakan pada orang-orang terdekat. Menyimpan sendiri kekhawatiran tersebut malah bisa membuatnya semakin parah. Orang-orang terdekat seperti pasangan, keluarga atau teman-teman yang berpengalaman biasanya akan bersedia memberikan dukungan dan bahkan saran yang berguna. Bila bunda merasa sulit untuk membagi perasaan bunda dengan orang-orang di sekitar, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lain yang merawat bunda selama kehamilan. Bila kekhawatiran tersebut sangat mempengaruhi kondisi emosional, bunda mungkin akan disarankan untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Baca juga: Penyebab ketombe pada anak can cara mengatasinya

5. Berolahraga ringan secara teratur dapat membuat perasaan dan tubuh bunda menjadi lebih segar, dan tentunya juga mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan. Jadwalkan waktu khusus sekitar 30 menit setiap hari untuk berolahraga ringan, misalnya berjalan santai dalam jarak yang tidak terlalu jauh, berenang, atau yoga.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru