09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tips meredakan sakit kepala selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat1585 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

penyebab dan cara meredakan sakit kepala pada ibu hamil

Sakit kepala dinilai cenderung lebih sering terjadi pada ibu hamil terutama pada saat trimester pertama. Sakit kepala yang menyerang ibu hamil umumnya berupa sensasi sakit di satu titik atau berupa sakit dibagian kedua sisi kepala atau dibagian belakang leher. Jika sebelum hamil bunda sering mengalami sakit jenis ini, biasanya frekuensi sakit dapat meningkat selama masa kehamilan.

Para pakar kesehatan bulum bisa mengungkap apa penyebab pasti munculnya sakit kepala ini, tetapi mereka menduga perubahan hormonal dalam tubuh bunda menjadi penyebab meningkatnya frekuensi serangan sakit kepala tersebut. Peningkatan volume, laju sirkulasi darah, serta konsumsi kafein berlebih, juga diduga menjadi pemicunya.

Baca juga: Info seputar infeksi telinga pada bayi

Sebagian ahli juga berpendapat bahwa kurang tidur, penyumbatan sinus, stress, depresi, ketegangan mata, kelelahan, sara lapar dan dehidrasi, adalah hal yang menyebabkan peningkatan resiko sakit kepada pada ibu hamil. Biasanya kondisi sakit kepala ini akan mereda saat kehamilan memasuki trimester kedua, saat fluktuasi hormonal mulai stabil.

Migren selama masa kehamilan

Bunda yang mengalami migren akan merasakan sakit berdenyut pada salah satu bagian kepala. Umumnya sensasi sakit akan bertahan antara 1 sampai 72 jam jika tidak diobati. Sakit kepala jenis ini biasanya semakin memburuk saat bunda beraktifitas. Beberapa orang mengalami migren disertai dengan gejala lainya termasuk muntah, mual, dan sensitif terhadap cahaya atau suara.

Menurut beberapa sumber, dua per tiga wanita yang sering mengalami migren, kondisinya mulai membaik saat mereka mengalami kehamilan, khususnya pada trimester pertama, namun sebagian lagi justru malah mengalami peningkatan instensitas selama masa kehamilan.

Baca juga: Beda antara alergi dan intoleransi makanan

Obat sakit kepada untuk ibu hamil

Acetaminophen dinilai aman digunakan oleh ibu hamil, sedangkan jenis obat lain yang sering digunakan untuk meredakan rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen, tidak direkomendasikan bagi bunda yang sedang hamil. Saat bunda mengalami sakit kepala yang cukup mengganggu selama masa kehamilan, sebaiknya bunda berkonsultasi dengan dokter

Tips meredakan sakit kepala saat hamil

1. Kenali pemicu sakit kepala. Jika bunda hamil sering mengalami serangan sakit kepala, cobalah untuk mengenali apa yang menjadi memicu sakit kepala tersebut. Ahli kesehatan merekomendasikan bunda untuk mencatat kapan sakit kepala muncul, dan apa yang bunda lakukan sebelum sakit tersebut menyerang. Beberapa komponen dalam makanan seperti MSG, pemanis buatan, coklat, dan produk fermentasi, diduga dapat memicu serangan migren.

2. Kompres hangat. Sakit kepala yang berupa sensasi tegang di beberapa tempat pada kepala dapat diredakan dengan memberikan kompres panas. Jika tidak memungkinkan mandi air hangat, bunda dapat mencuci muka dengan air suam-suam kuku.

3. Hindari lapar dan haus. Jaga agar bunda jangan sampai merasa lapar atau haus berat. Sediakan cemilan sehat dan air minum didekat bunda sehingga kapanpun bunda mulai merasa lapar atau haus, bunda dapat mengkonsumsi makanan tersebut.

Baca juga: Tips mudah menyapih bayi

4. Cukup istirahat. Upayakan agar bunda cukup istirahat terutama dimalam hari, dan luangkan waktu untuk tidur siang. Jika bunda mengalami sakit migren, bunda dapat beristirahat diruangan gelap dan tenang.

5. Rutin berolahraga. Beberapa penelitian mengungkap bahwa olahraga rutin selama masa kehamilan dapat menurunkan resiko serangan migren secara signifikan. Mintalah rekomendasi ahli seputar olahraga yang cocok bagi ibu hamil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru