09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tips pertolongan pertama saat si kecil cedera gigi

KategoriKesehatan
Di lihat4838 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

pertolongan pertama saat gigi anak bayi atau balita cedera karena terjatuh

Saat si kecil baru bisa berjalan, jatuh atau terbentur adalah hal yang biasa terjadi. Akan tetapi, bagaimana bila benturan keras terjadi di bagian mulut? Hal ini mungkin membuat kita khawatir. Bila hal ini terjadi si kecil mungkin syok, menangis, dan lebih buruknya lagi bisa terjadi cedera pada gigi si kecil yang berharga.

Untungnya, benturan pada mulut dan trauma pada gigi anak-anak sangatlah umum terjadi dan biasanya bukan trauma serius yang bisa menyebabkan cacat permanen. Jadi, yang perlu kita lakukan adalah menenangkan diri dan si kecil, kemudian segera lakukan pertolongan pertama. Beberapa tips berikut merupakan pertolongan pertama yang bisa kita lakukan ketika si kecil mengalami trauma pada gigi.

Baca juga: Jenis termometer pengukur suhu tubuh anak

Tips menangani trauma gigi balita

1. Ketika si kecil mengalami benturan, segera pastikan bahwa ia ada di tempat yang aman. Tenangkan si kecil karena ia mungkin merasa kaget dan takut akan apa yang baru saja ia alami. Kemudian periksa bagian-bagian tubuhnya yang mungkin mengalami cedera serius, misalnya gegar.

2. Bila gusi si kecil mengeluarkan darah, berikan tekanan lembut pada bagian yang berdarah menggunakan kain yang lembut. Lebih baik gunakan kasa steril untuk menekan bagian yang berdarah. Bila tidak ada, boleh juga menggunakan kain yang lain, asalkan bersih. Lakukan ini hingga pendarahan berkurang.

Baca juga: Peran angka glycemic index bagi si kecil

3. Setelah pendarahan membaik, periksa kalau-kalau ada kerusakan pada gigi. Mungkin kita akan menemukan bagian gusi yang bengkak dan memerah, atau gigi yang sedikit goyang. Hal ini tidak perlu terlalu dicemaskan. Akan tetapi, bila ada gigi yang berubah posisi, misalnya terdorong ke luar, ke dalam, atau ke samping, sebaiknya kita membawa si kecil ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat. Berubahnya posisi gigi menandakan adanya cedera pada bagian akar gigi sehingga membutuhkan penanganan dokter.

4. Bila benturan yang terjadi cukup keras, mungkin akan ada gigi si kecil yang tanggal. Bila yang tanggal adalah gigi tetap, segera pasang kembali gigi pada tempatnya dengan sedikit ditekan. Bila yang tanggal adalah gigi susu, sebaiknya biarkan saja karena memasang kembali gigi susu dengan cara ditekan bisa mengganggu gigi tetap yang akan tumbuh. Akan tetapi, terkadang kita mungkin kesulitan untuk menentukan apakah gigi yang tanggal adalah gigi susu atau gigi tetap. Bila hal ini terjadi, simpan gigi yang tanggal di dalam wadah berisi susu dan segera larikan si kecil ke dokter gigi. Dokter gigi bisa mengenali gigi yang tanggal dan menentukan apakah ia gigi susu atau gigi tetap, serta memberikan penanganan yang tepat bagi cedera si kecil.

Baca juga: Khasiat istimewa buah jeruk bagi si kecil

5. Carilah bantuan segera ketika benturan pada mulut terjadi. Bila kesulitan menemui dokter gigi, segera larikan si kecil ke IGD di rumah sakit terdekat supaya dapat segera memperoleh pertolongan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru