09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

5 Tips sederhana agar si kecil siap ditinggal bunda saat bekerja

KategoriParenting
Di lihat1084 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Meninggalkan si kecil bersama pengasuh atau penitipan anak

Bagi bunda yang bekerja, berpisah dengan si kecil saat pergi bekerja adalah hal yang akan sering terjadi. Berpisah secara singkat juga sering terjadi sehari-hari misalnya saat bunda pergi kekamar mandi atau saat si kecil terbangun dan bunda tidak berada di dekatnya, biasanya mereka akan menangis karena merasa kehilangan bunda.

Berpisah cukup lama misalnya saat bunda harus pergi bekerja bisa menjadi hal yang sulit baik bagi si kecil maupun bagi bunda, terutama jika kedua belah pihak belum siap untuk saling berpisah. Jika salah satu merasa sedih, besar kemungkinan yang lain pun akan merasa sedih, jika berpisah karena pekerjaan tidak bisa dihindarkan, sebaiknya bunda mempersiapkan diri sendiri dan si kecil sesegera mungkin.

Ketika si kecil merusia dibawah tiga tahun, berpisah dengan bunda selama beberapa jam mungkin tak terlalu masalah karena biasanya di usia ini perhatian si buah hati masih mudah untuk dialihkan, tapi ketika ia semakin besar bisa jadi ia merasa lebih takut atau tidak aman ketika dia tau bunda tidak ada didekatnya.

Beberapa tips mempersiapkan perpisahan dengan si kecil

1. Saat mulai meninggalkan si kecil, tunjukan wajah dengan senyuman, jangan tunjukan kesedihan karena mereka dapat merasakan apa yang bunda rasakan. Yakinkan dalam hati bunda bahwa si kecil akan baik-baik saja karena ditemani oleh orang dekat atau terpercaya.

2. Sampaikan pada si kecil bahwa bunda akan pergi sebentar dan akan segera kembali. Anak usia 3 tahun kebawah biasanya belum mengerti konsep waktu jadi tidak perlu menyampaikan bahwa bunda akan pergi selama sekian jam. Si kecil paling takut jika bundanya tidak kembali, jika mereka sudah percaya bahwa bunda akan kembali, biasanya mereka akan mengalihkan perhatianya pada yang lain.

3. Berpisahlah dengan si kecil secara bertahap, tinggalkan dia selama 1-2 jam bersama teman atau keluarga yang kita percayai. Meninggalkan si buah hati dalam waktu lama secara mendadak dapat menyebabkan si kecil kehilangan bunda dan mungkin sedikit trauma hingga tidak mau di tinggal lagi.

4. Setiap ada ksesempatan ajaklah si kecil untuk berbaur dengan teman sebayanya dan keluarga atau ajak ke arena bermain dan biarkan dia bermain sendiri tanpa ditemani. Cukup amati dari jarak yang cukup jauh untuk memaskikan keamanannya.

5. Jika si kecil sudah terbiasa ditingal sebentar, bunda dapat menambah lama waktu berpisah dengan si kecil. Terkadang berpisah dengan bunda diperlukan si kecil untuk memantapkan kemandirianya. Anak yang selalu didampingi bunda cenderung menjadi manja dan kurang mandiri.

Meninggalkan si kecil bersama pengasuh atau penitipan anak

Luangkan waktu bunda untuk mencari pengasuh si kecil. Sebelum menerima seseotrang untuk menemani si buah hati, pastikan bunda betul-betul yakin dan merasa aman meninggalkanya dengan pengasuh baru. Akan lebih baik jika si kecil ditemani keluarga atau teman dekat.

Jika bunda memilih tempat penitipan anak, pastikan bunda memilih tempat yang terjamin kebersihanya, aman lingkunganya, dan amati apakah anak-anak yang ada disana terlihat gembira dan terlibat dalam kegiatan yang diberikan. Jangan sungkan untuk bertanya seputar kegiatan rutin si kecil termasuk menu harian yang akan diberikan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru