09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Aktivitas menyenangkan bagi bayi yang baru lahir

KategoriBayi
Di lihat2182 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis-jenis permainan menyenangkan untuk bayi yang baru lahir

Sekalipun tampak masih sangat kecil dan lemah, bayi yang baru lahir sudah siap diajak melakukan berbagai aktivitas permainan yang menyenangkan. Permainan-permainan ini tidak hanya dapat mendukung perkembangan si kecil, namun ia juga dapat memperkuat hubungan emosional antara ayah bunda dengan si kecil. Berikut adalah enam jenis aktivitas sederhana yang dapat dilakukan dengan si buah hati terutama setelah mereka kenyang minum ASI.

Kegiatan menyenangkan untuk bayi

1. Tummy time

Tummy time adalah saat dimana si kecil dibiarkan berbaring tengkurap pada perutnya. Para ahli menganjurkan bayi dibiarkan berbaring pada posisi tengkurap 2 atau 3 kali sehari. Hal ini baik untuk melatih kekuatan otot leher, kepala, dan tubuh bagian atasnya. Berikan si kecil mainan yang ia sukai supaya ia berlatih meraih benda-benda di sekitarnya.

Baca juga: 5 Jenis permainan sesuai usia balita

Kita juga bisa meletakkan cermin di depannya atau menyanyikan lagu-lagu anak-anak untuk membuat kegiatan ini lebih menyenangkan. Beberapa bayi tidak suka dan rewel ketika ia dibaringkan tengkurap di lantai. Sebagai gantinya kita bisa membaringkannya dalam posisi tengkurap di atas dada sambil menghiburnya dengan mainan atau lagu anak-anak.

2. Kenakan kaus kaki dan kaus tangan yang berwarna-warni pada si kecil

Ketika bayi baru lahir, matanya belum bisa melihat dengan fokus. Pada usia ini belajar mengikuti gerakan benda-benda yang berwarna-warni sangat baik bagi perkembangan penglihatannya. Pakaikan kaus kaki dan kaus tangan yang berwarna-warni pada si kecil dan ia akan asyik memperhatikan objek menarik tersebut.

3. Permainan ciluk-ba

Permainan yang satu ini sangatlah populer. Biasanya bayi mulai bisa menikmati asyiknya permainan ini ketika memasuki usia 2 bulan. Selain menyenangkan, permainan ciluk-ba ternyata memiliki manfaat tersendiri. Permainan ini baik untuk memperkenalkan konsep bahwa benda-benda tetap ada walaupun ia tidak tampak karena tertutup sesuatu. Gunakan benda-benda di sekita untuk membuat permainan ini lebih menyenangkan, misalnya handuk, selimut bayi, atau kain lain yang berwarna cerah untuk menutup wajah ayah atau bunda ketika bermain.

Baca juga: Bun, membuat playdough yuk!

4. Melihat ke cermin

Bayi suka melihat wajah orang-orang di sekitarnya sambil melatih matanya untuk bisa melihat dengan fokus. Bunda mungkin menemukan bahwa si kecil suka memandangi wajah bunda ketika ia digendong. Karena itulah permainan menggunakan cermin akan sangat menarik baginya. Letakkan cermin kecil di depannya ketika si kecil sedang melakukan tummy time, atau di waktu-waktu lain sebagai salah satu kegiatan bermain yang bermanfaat.

5. Menyanyi bersama

Si kecil sangat suka mendengar suara bunda. Mengapa? Karena suara bundalah yang pertama kali dan yang paling sering ia dengar ketika masih di dalam kandungan. Bahkan setelah lahir, suara bunda akan selalu menjadi favoritnya. Nyanyikanlah lagu-lagu anak-anak yang berirama riang untuk menghibur si kecil pada waktu-waktu bermain bersama.

Baca juga: 6 Permainan sederhana untuk melatih otak balita

6. Bermain bersama di lantai

Sedang tidak ide untuk bermain bersama. Baringkan si kecil di lantai atau ranjang orang dewasa, kemudia berberinglah tengkurap di sampingnya. Ayah dan bunda bisa menggerakkan mainan-mainan kesukaannya, bernyanyi, atau membuat suara-suara yang lucu. Kegiatan sederhana ini pasti menyenangkan bagi si kecil maupun ayah dan bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru