09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Cara efektif mengendalikan ledakan amarah pada balita

KategoriParenting
Di lihat2773 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara menenangkan anak yang sedang marah

Ledakan amarah sering terjadi pada balita berusia 18 bulan hingga 3 tahun. Balita yang mengalami ledakan amarah biasanya menangis keras sambil berteriak, memukul, berguling-guling di atas lantai, dan tindakan lainnya untuk mengekspresikan perasaan kesalnya. Sebenarnya, ledakan amarah yang terjadi sesekali memiliki manfaat, yaitu untuk membantu si kecil mengeluarkan rasa frustasi yang tertanam. Akan tetapi, hal ini tidak boleh menjadi kebiasaan tiap kali si kecil menginginkan sesuatu. Untuk mengontrol ledakan amarah pada balita, beberapa cara berikut bisa diterapkan.

Baca juga: 5 Pertolongan pertama saat balita cedera gigi

1. Tetap konsisten

Beritahukan kepada si kecil aturan dasarnya, yaitu ia harus mengikuti kata-kata bunda. Bila ini waktunya pulang dari taman bermain, berarti ia dan bunda harus pulang. Bila ia tidak boleh makan snack sebelum waktu makan, berarti ia benar-benar tidak boleh, dan sebagainya. Jangan menerapkan peraturan dengan tidak konsisten, terutama bila ia mulai mengamuk, karena ini akan membuatnya merasa memiliki cara jitu untuk melanggar batas yang sudah bunda tetapkan.

Bila cara ini dilakukan, seiring bertambahnya usia si kecil akan semakin terbiasa dan lebih kooperatif dalam mengikuti peraturan yang ingin bunda tanamkan. Ajak juga orang-orang di sekitar, seperi pasangan, pengasuh anak, nenek, dan orang-orang lain yang terkadang mengurus si kecil untuk bertindak sama. Ini penting supaya anak tidak merasa bahwa ia bisa melanggar batas bila sedang bersama orang lain selain bunda.

2. Usahakan tetap tenang

Ketika amarah si kecil mulai meledak, tetap tenang dan jangan terpancing untuk ikut berteriak, menangis, atau marah-marah. Ingatlah bahwa hal ini memang sering dilakukan oleh balita dimana pun. Bila perlu, ketika kondisi sudah diluar kendali, tinggalkan si kecil di tempat yang aman, misalnya box bayi, kemudian minta bantuan orang lain untuk menenangkan si kecil, bisa pasangan, nenek, atau orang lain. Bila bunda tetap tenang si kecil mungkin akan melihat contoh yang baik tentang bagaimana mengendalikan  diri ketika sedang marah, meskipun ini tentunya membutuhkan sedikit waktu.

Baca juga: 4 Tips mencegah kerusakan mata pada anak balita

3. Alihkan perhatian si kecil

Beberapa orang tua biasa mengalihkan perhatian si kecil, misalnya dengan candaan, ketika ia sedang meluapkan amarah karena kesal. Hal ini terkadang berhasil. Kita perlu mencoba berbagai cara untuk menenangkan si kecil sebelum menemukan cara paling efektif, dan mengalihkan perhatiannya merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan.

4. Ajari si kecil berkomunikasi

Ajarkan si kecil cara meminta apa yang mereka inginkan dengan baik dan sopan, tanpa perlu marah-marah atau merengek. Lakukan ini ketika si kecil dalam keadaan tenang, dan ketika suatu saat ia mulai merengek atau marah-marah , ingatkan kembali apa yang seharusnya ia lakukan.

5. Jangan ambil jalan pintas

Jangan mengambil jalan pintas, yaitu mengikuti keinginan buah hati dengan mudah untuk menghentikannya dari marah-marah atau merengek. Tetap pada aturan memang tidak bisa menghentikan ledakan amarah si kecil, namun ini membantu si kecil memahami apa yang diharapkan bunda darinya sehingga di masa depan ia akan menyesuaikan diri. Tetaplah yakin bahwa konsistensi bunda akan membuahkan hasil.

Baca juga: Tips memilih pasta gigi untuk si kecil

6. Pahami penyebabnya

Pahami kebiasaan si kecil. Contohnya, bila emosinya cenderung meledak ketika ia sedang lelah, maka jangan membiarkan ia terlalu lelah. Bila ia biasa tidur jam 19.30, maka jangan mengajaknya keluar rumah diatas jam tersebut karena besar kemungkinan si kecil sudah terlalu lelah dan cenderung untuk rewel.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru