09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Gejala kritis yang mengharuskan si kecil segera dibawa ke dokter

KategoriKesehatan
Di lihat599 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Gejala medis pada si kecil yang mengharuskan segera menemui dokter

Menjadi ayah dan bunda memang selalu menyenangkan sekaligus penuh dengan tantangan, belajar memahami, memotivasi, mendidik, menjaga, dan memberikan nutrisi terbaik agar si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal adalah bagian dari potret besar menjadi ayah bunda ideal.

Sebagai orang tua, tentu kita harus siap tidak hanya dengan kelucuan atau kemanjaan si kecil yang menggemaskan, tapi jika dia rewel, susah diarahkan, termasuk sakit, kita harus siap, sigap dan sabar memberikan perlakuan sesuai dengan yang dibutuhkan si buah hati.

Menagani si kecil yang sedang sakit

Anak yang sedang sakit biasanya cenderung rewel, nafsu makanya menurun, dan lemas. Ayah bunda harus tanggap jika mengamati ada yang aneh dengan prilaku si kecil. Lakukan observasi awal seperti mengukur suhu tubuh atau mengamati feses si kecil. Amati juga apakah muncul gejala-gejala lain seperti batuk, hidung meler, mata berair, pucat, bengkak atau kemerahan di bagian tubuh tertentu, muntah, atau mengeluarkan darah dari bagian tubuh, lemas, dan tidak sadar.

Sebagian besar penyakit yang menimpa anak-anak dikategorikan penyakit ringan dan bisa di rawat dirumah tanpa harus dirawat dirumah sakit. Namun ada kalanya penyakit si kecil cukup serius dah mengharuskan si kecil segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis lanjut dan penanganan medis. Ayah bunda adalah ‘perawat’ pertama dirumah, keputusan dan tindakan yang tepat dari ayah bunda sangat penting untuk menjaga kesehatan si buah hati.

Gejala medis pada si kecil yang mengharuskan segera menemui dokter

1. Suhu tubuh tinggi. Demam yang dialami si kecil dikategorikan demam tinggi jika mencapai 38oC bagi bayi dengan usia 3 bulan kebawah dan 39oC untuk bayi diatas tiga bulan. Ayah bunda juga harus segera membawa si kecil ke dokter jika suhu badanya dibawah 35oC.

2. Muntah. Jika si kecil muntah terus menerus selama 6 jam atau lebih, apa lagi jika disertai dengan demam tinggi atau diare. Muntah dan diera dapat menyebabkan si kecil dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

3. Diare. Gejala ini menandakan si kecil mengalami gangguan pada sitem pencernaanya. Diare dapat pula menjadi gejala keracunan atau penyakit berat lainya. Bawa segera kedokter jika dia mencret lebih dari 48 jam atau jika ayah bunda menemukan bercak darah pada fesesnya.

4. Kesakitan dan pusing. Jika si kecil mengeluhkan sakit atau pusing terutama setelah kepalanya terbentur cukup keras, ayah bunda sebaiknya segera memeriksakan si kecil ke dokter. Pusing yang disertai dengan mual, penglihatan kabur, atau nyeri perut bagian kanan bawah dapat dapat merupakan ciri kondisi serius dan perlu diagnosis lanjut dari dokter.

5. Tidak nafsu makan. Jika sibuah hati menolak makan selama 24 jam atau terlihat pucat, lemas, atau lesu, segera temui dokter.

6. Nafas yang berat. Sesak nafas akut yang ditandai dengan dada si kecil yang kembang kempis, bibir atau mukanya terlihat membiru, dapat berhubungan dengan kondisi kritis. Segera temui dokter jika si kecil mengalami gelaja tersebut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru