09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Hal penyebab berubahnya warna gigi susu si kecil

KategoriBayi
Di lihat7391 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah penyebab gigi si buah hati berubah warna

Perubahan warna gigi adalah masalah yang umum bagi orang dewasa dan anak-anak. Pada anak-anak, gigi susu biasanya berwarna putih atau kuning gading. Perubahan warna gigi pada anak-anak atau bayi bisa disebabkan beberapa hal, yaitu:

Penyebab warna gigi berubah

1. Cara menggosok gigi yang kurang benar. Bila cara menggosok gigi kurang benar, bisa muncul tibunan plak (bakteri) yang bisa membuat gigi menjadi berwarna kuning.

Baca juga: 7 makanan berserat tinggi untuk anak

2. Email gigi yang lemah. Email gigi yang lemah bisa menumbulkan warna kuning pada gigi. Hal ini biasanya terjadi karena faktor keturunan.

3. Penggunaan obat-obatan. Obat-obatan anak biasanya mengandung zat besi (biasanya pada suplemen dan vitamin) yng dapat membuat warna gigi menjadi gelap. Mengkonsumsi antibiotik tertentu (tetrasiklin) selama masa kehamilan juga dapat menyebabkan warna gigi tidak normal. Namun, kasus terakhir jarang terjadi dewasa ini karena penggunaan tetrasiklin telah dilarang untuk ibu hamil dan anak-anak berusia di bawah 12 tahun.

4. Terlalu banyak fluoride. Terlalu sering mencampur bubuk atau cairan susu formula konsentrat dengan air yang mengandung fluoride dapat menyebabkan tanda-tanda putih samar atau goresan pada gigi. Hal ini merupakan gejala fluorosis email ringan.

5. Penyakit pada gigi atau gusi. Luka pada gigi atau gusi si kecil bisa menyebabkan noda pink atau abu-abu pada gigi.

6. Penyakit yang serius. Infeksi pada bayi pada awal kehidupannya bisa menyebabkan warna gigi berubah. Perubahan warna gigi juga bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti hepatitis dan beberapa penyakit jantung.

Baca juga: 3 Manfaat sehat jagung manis bagi si buah hati

Agar gigi si kecil putih bersih

Perubahan warna gigi yang disebabkan oleh kurang higienisnya gigi dan mulut bisa diatasi dengan menggosok gigi secara teratur dengan cara yang benar. Hingga si kecil bias meludah (kira-kira pada usia 3 tahun), gunakan sedikit saja pasta gigi untuk menggosok gigi si kecil. Usahakan pasta gigi yang digunakan tidak lebih besar dari sebutir biji beras.

Selain dengan menggosok gigi, perubahan warna pada gigi juga bisa dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Jangan mengisi botol bayi dengan minuman manis seperti air gula, soft drink, atau jus buah. Bila si kecil menggunakan  empeng, jangan mencelupkannya ke dalam air gula atau madu. Selain itu, jangan berbagi peralatan makan dengan si kecil karena bisa menyebabkan penyebaran bakteri yang membuat gigi anak menjadi kuning.

Temui dokter gigi

Baca juga: Manfaat zat fitokimia dalam sayuran

Ayah dan bunda juga bisa menghubungi dokter anak untuk berkonsultasi tentang kesehatan gigi dan mulut si kecil. Mungkin, dokter akan memberi rujukan kepada dokter gigi anak supaya si kecil memperoleh penanganan yang dibutuhkan. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter gigi anak mungkin akan melakukan bleeching untuk mengembalikan warna gigi, atau hanya mengawasi kondisi gigi dari tanda-tanda penyakit atau masalah yang lain.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru