09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Hal seputar flu pada anak balita: Fakta atau mitos?

KategoriKesehatan
Di lihat2430 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips seputar flu pada anak balita

Penyakit flu adalah satu diantara banyak penyakit yang kerap menyerang si buah hati. Jika mereka terkena virus flu tentu membuat ayah bunda khawatir. Saat terkena gangguan kesehatan tesebut biasanya si kecil menjadi lebih rewel, lemah, dan tidak ceria sebagaimana biasanya.

Beberapa jenis virus penyebab flu cukup berbahaya dan memerlukan penanganan medis secara khusus. Menurut situs Wikipedia, dibandingkan dengan penyakit pilek, gejala flu biasanya lebih berat termasuk diantara gejalanya adalah: mual dan muntah, nyeri otot, serta sakit kepala disamping tanda umum lainya.

Baca juga: 5 Jenis kelainan non penyakit pada balita

Di lingkungan masyarakat ada banyak hal atau anggapan seputar penyakit flu, tapi apakan hal tersebut benar-benar fakta atau hanya sekedar mitos belaka? Berikut adalah anggapan-anggapan seputar penyakit flu yang berkembang di masyarakat:

1. Hujan-hujanan menyebabkan flu: Mitos

Ada anggapan di masyarakat bahwa hujan-hujanan dapat menyebabkan penyakit flu. Hal tersebut tidak benar karena flu disebabkan oleh virus bukan karena dinginya air hujan. Meski demikian ada baiknya si kecil menghindari air hujan secara langsung, gunakan payung atau jas hujan saat keluar dengan suasana hujan.

2. Kalau tidak disertai muntah maka itu bukan flu: Mitos

Serangan virus penyebab flu dapat memicu gejala muntah dan diare, tapi tidak selalu. Mayoritas virus flu menyakibatkan gangguan kesehatan dibagian pernafasan seperti batuk, hidung mampet, radang tenggorokan, dan bersin-bersin. Gejala lain yang membedakan flu dengan pilek adalah nyeri otot, nafsu makan menurun, dan sakit kepala.

Baca juga: 7 Tips mendorong kemandirian si kecil

3. Makan yang banyak biar cepat sembuh: Tidak selalu benar

Saat si kecil mengalami serangan flu, yang terpenting adalah memastikan kecukupan asupan cairan dan nutrisi yang cukup serta berimbang, bukan banyak makan. Alih-alih ‘memaksa’ si buah hati makan banyak, lebih utama pastikan mereka banyak minum air dan elektrolit yang bisa didapat dari jus buah serta makan empat sehat lima sempurna dengan porsi berimbang.

4. Virus flu dapat hidup di udara terbuka selama beberapa jam: Fakta

Virus flu yang disebarkan oleh pengidap flu melalui bersin atau batuk dapat bertahan rata-rata 8-12 jam pada permukaan keras seperti pegangan pintu, gelas, dan sendok tergantung dari jenis virusnya. Pada permukaan yang lembut seperti kain, virus tidak akan bertahan lama. Untuk menghindari serangan virus yang ada di udara, sangat penting bagi ayah bunda dan si kecil untuk selalu membiasakan cuci tangan sebelum makan.

5. Sup ayam hangat dapat meredakan gejala flu: Sebagian benar

Ada anggapan bahwa sup ayam yang hangat dapat meredakan hidung mampet dan radang tenggorokan. Menurut sebuah penelitian sederhana, sup memang dapat meredakan radang ringan yang dialami oleh pengidap flu. Meski demikian para ahli memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenaranya. Sup juga sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Baca juga: 5 Tips agar si kecil siap ditinggal bunda bekerja

6. Vitamin C dapat menyembuhkan flu: Fakta dan Mitos

Sebagian besar orang percaya bahwa dengan memberikan vitamin C dalam dosis tinggi dapat mempercepat kesembuhan si kecil dari flu. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, vitamin C memang diperlukan tubuh untuk daya tahan namun dalam jumlah tertentu. Kelebihan asupan vitamin C akan di buang keluar tubuh. Para ahli lebih merekomendasikan asupan vitamin C dari buah dan sayuran seperti jeruk, kiwi, sayur dan bawang sebagai sumber vitamin C daripada supplemen vitamin.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru