09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Hal yang wajib dicermati sebelum memberikan vitamin pada sikecil

KategoriNutrisi
Di lihat580 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan suplemen vitamin

Dewasa ini beragam produk suplemen multivitamin tersedia di pasaran. Masing-masing menawarkan kelebihan beserta bentuk, warna, dan rasa yang disesuaikan guna menarik minat si buah hati. Kebanyakan orang tua merasa yakin akan kesehatan dan pertumbuhan si kecil setelah memberikan mereka suplemen vitamin, tapi benarkah si buah hati betul-betul membutuhkan suplemen tersebut?

Menurut website risehealthyeater.com, dalam beberapa kasus, memberikan suplemen multivitamin pada sikecil dapat menghindarkan mereka dari penyakit akibat kekurangan vitamin, tapi dalam kebanyakan kasus konsumsi vitamin dari makanan sudah sucup memenuhi kebutuhan harian mareka.

(Baca juga: Kondisi feses si kecil dan hubunganya dengan kesehatan)

Sebelum ayah bunda memberikan si kecil suplemen multivitamin, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

Hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan suplemen vitamin

1. Periksa sumber vitamin tambahan. Beberapa jenis makanan olahan dan makanan dalam kemasan biasa mengandung vitamin dan mineral yang sengaja ditambahkan kedalamnya, contohnya adalah roti, sereal, dan jus. Baca daftar nutrisi pada bagian kemasan makanan untuk mengetahui kandungan vitamin dan mineralnya.

2. Fokus pada makanan sehat. Menurut ahli nutrisi, anak yang mendapatkan makanan empat sehat lima sempurna dengan porsi yang cukup tidak memerlukan vitamin tambahan. Bahkan si kecil yang suka pilih-pilih makanan pun tidak memerlukan vitamin tambahan selama ayah bunda bisa menyiasati kandungan nutrisi dalam makananya.

(Baca juga: Bahaya junk food bagi balita bunda)

3. Berikan perhatian lebih pada zat besi, vitamin D, kalsium, dan DHA. Tidak semua multivitamin mengandung mineral kalsium dan zat besi, begitu pula dengan DHA. Mikronutrien tersebut diperlukan tubuh si kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Upayakan untuk memenuhi kebutuhan kalsium, DHA, zat besi dan vitamin D dari makanan yang bunda sediakan sebelum memberikan suplemen makanan.

4. Pilih jenis suplemen yang tepat. Jika ayah bunda memutuskan untuk memberikan si kecil suplemen multivitamin, pastikan untuk memilih produk yang dikhususkan untuk anak-anak. Berikan sesuai dosis yang direkomendasikan dalam kemasan, dan jangan membiasakan tablet vitamin dengan istilah ‘permen’. Konsumsi suplemen vitamin berlebih dapat menimbulkan dampak negatif termasuk keracunan.

5. Evaluasi secara berkala. Cukup penting bagi ayah bunda untuk melakukan evaluasi perihal jenis vitamin yang betul-betul diperlukan si kecil. Misalnya jika si buah hati tidak suka makan jeruk, cari alternatif makanan lain yang kaya dengan kandungan vitamin C, jika perlu berikan suplemen vitamin C. Kebiasaan makan si kecil dapat berubah sesuai dengan perkembangan usianya, boleh jadi di usia tertentu, saat asupan nutrisi mereka bagus, mereka tidak memerlukan suplemen multivitamin lagi.

(Baca juga: 7 Alternatif cemilan sehat untuk balita bunda)

6. Berkonsultasi dengan ahli. Jika ayah bunda masih merasa belum yakin, tidak ada salahnya menemui dokter terdekat untuk meminta masukan apakan si kecil benar-benar memerlukan vitamin tambahan atau tidak, jika iya, jenis vitamin apa yang sebaiknya diberikan pada mereka.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru