09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Jenis makanan sehat untuk ibu hamil

KategoriKehamilan
Di lihat1070 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah enam jenis makanan sehat yang direkomendasikan ahli nutrisi bagi ibu hamil

Dibandingkan dengan mereka yang sedang tidak hamil, bunda yang sedang mengandung memerlukan jumlah nutrisi lebih banyak. Makanan sehat untuk ibu hamil dalam jumlah yang cukup sangat wajar diperlukan mengingat nutrisi yang mereka konsumsi akan dibagi dengan si janin untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Dari segi jumlah kalori pun demikian, menurut situs WebMD.com, rata-rata ibu hamil memerlukan ekstra 500 kalori dalam satu hari bila dibanding wanita yang tidak hamil.

Baca juga: Bahaya kelebihan konsumsi gula pada anak

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan ahli nutrisi untuk ibu hamil. Bunda yang sedang mengandung tidak harus mengkonsumsi semua jenis makanan yang tercantum dibawah ini, silahkan pilih manan yang disukai. Yang penting upayakan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, serta unsur pendukung lainya.

Rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil

1. Telur. Salah satu kelebihan telur dibanding jenis makanan lainya adalah kandungan protein dan asam amino nya yang cukup tinggi. Telur juga mengandung belasan jenis vitamin dan mineral, serta komponen kolin yang perperan penting bagi pertumbuhan otak si janin. Saat ibu hamil mengkonsumsi telur, pastikan mereka memasaknya dengan matang sempurna. Mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang beresiko terkena infeksi salmonella yang dapat mengancam kesehatan ibu hamil dan si janin.

2. Produk olahan gandum utuh. Termasuk diantaranya adalah roti, sereal, dan cracker dari gantum utuh. Produk makanan tersebut kaya akan serat sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat menjaga kesehatan organ pencerhaan dan bagus untuk kesehatan organ jantung saat dikonsumsi dalam jangka panjang. Produk-produk roti atau sereal dari gandum utuh umumnya sudah diperkaya dengan zat besi dan asam folat yang juga diperlukan ibu hamil.

Baca juga: Resep jus brokoli sehat untuk si kecil

3. Kacang-kacangan. Bersyukur kita hidup didaerah tropis dimana beragam jenis sayuran sehat sermasuk kacang-kacangan dapat diperoleh dengan mudah. Jenis makanan yang satu ini terkenal akan kandungan protein, zat besi, kalsium, folat, dan zinc yang sangat diperlukan ibu hamil. Mereka yang sedang mengandung dapat memilih beragam jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, atau kacang hitam utuk dikombinasikan dengan bahan lainya sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

4. Ikan salmon. Ikan salmon telah lama dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung asam lemak Omega-3, yang telah terbukti sangat diperlukan dalam pertumbuhan otak dan mata si janin. Selain kandungan Omega-3-nya, yang membuat salmon menjadi makanan sehat bagi ibu hamil adalah kandungan protein, vitamin dan mineralnya. Dibandingkan dengan jenis ikan laut lainya, salmon dinilai paling rendah dalam hal kadar logam merkurinya. Logam merkuri dapat masuk kedalam tubuh ikan akibat pencemaran industri yang masuk kelaut.

5. Daging rendah lemak. Daging sapi rendah lemak merupakan sumber protein dan zat besi terbaik bagi ibu hamil. Kandungan zat besi dalam daging sapi diserap tubuh ibu hamil tiga kali lebih baik dibanding dengan makanan sumber zat besi lainya. Saat ibu hamil mengkonsumsi daging sapi, pastikan dalam keadaan dimasak sempurna. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko infeksi beragam bakteri atau parasit seperti toxoplasma, listeria, atau salmonella yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius baik pada ibu hamil maupun pada si janin.

Baca juga: Bahaya junk food bagi balita bunda

6. Sayuran dan buah-buahan segar. Kelompok sayuran dan buah segar adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang harus diprioritaskan untuk dikonsumsi seriap hari. Sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, serta zat anti oksidan yang sangat berkhasiat menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan kandunganya. Pastikan untuk mencuci bersih buah dan sayur sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan resiko pencemaran sumber penyakit dan insektisida.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru