09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Jenis makanan super untuk bayi dan balita

KategoriNutrisi
Di lihat2666 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah 6 jenis makanan sehat dan bagus dikonsumsi oleh anak bayi dan balita

Tidak ada makanan yang “paling baik” bagi bayi dan balita. Yang terpenting, nutrisi yang diberikan harus seimbang dan dalam memilih makanan pilihlah yang sesuai dengan tingkat usia si kecil. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dipilih pada berbagai tingkatan usia bayi dan balita karena tekstur dan kandungannya yang sesuai dengan kebutuhan tubuh si kecil.

1. Air susu ibu (0 tahun ke atas)

ASI adalah makanan yang terbaik bagi bayi di tahun pertamanya. American Academy of  Pediatrics (AAP) merekomendasikan para ibu memberikan ASI kepada bayinya selama minimal 4 bulan (atau lebih baik 6 bulan). Akan tetapi, lebih pemberian ASI hingga bayi berusia 12 bulan ke atas lebih direkomendasikan, selama memungkinkan bagi ibu dan si bayi.

Baca juga: Bahaya asap rokok bagi si buah hati

2. Sereal yang diperkaya zat besi (4 – 6 bulan)

Pada umumnya, bayi lahir dengan cadangan zat besi yang cukup hingga ia berusia sekitar 6 bulan. Mendekati usia tersebut, cadangan zat besi dalam tubuhnya akan semakin menipis. Karenanya, inilah saatnya memberikan makana mendamping ASI yang kaya akan zat besi. Pilihan terbaik bagi bayi berusia 4 hingga 6 bulan adalah sereal yang diperkaya zat besi. Sereal yang dipilih boleh sereal berbahan dasar beras, oatmeal, atau gandum. Yang terpenting, mulailah dengan sereal dari biji-bijian berkeping tunggal.

3. Alpukat (6 bulan ke atas)

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan si kecil. Selain itu, rasa dan teksturnya yang lembut cocok untuk bayi yang baru memulai makanan semi padat. Penyajiannya mudah saja, hancurkan alpukat yang benar-benar matang kemudian tambahkan ASI atau susu formula hingga teksturnya tidak terlalu pekat (seperti puree buah).

Baca juga: Tips agar si kecil mau suntik imunisasi

4. Ubi jalar (6 bulan ke atas)

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, suatu zat antioksidan yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Zat ini baik untuk melindungi tubuh si kecil dari infeksi, mendukung penglihatan yang baik dan kulit yang sehat, serta menjaga pertumbuhan si kecil tetap normal. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang seperti pudding juga pasti disuka oleh si buah hati.

5. Daging (7 hingga 10 bulan)

Daging, seperti daging ayam, sapi, atau domba mengandung berbagai macam zat yang penting untuk pertumbuhan si kecil, misalnya protein, zat besi, zinc, vitamin B6, niasin, dan riboflavin. Yang terpenting, sajikan daging dalam tekstur yang mudah dimakan oleh si kecil supaya tidak menyebabkan tersedak. Haluskan daging dengan blender dan campur dengan ASI atau sayuran yang dihancurkan, atau beli bubur berbahan daging yang dijual di pasaran.

Baca juga: 7 Tips memaksimalkan sistem kekebalan tubuh si kecil

6. Buah bit (6 bulan ke atas)

Selain rasanya yang manis dan lezat, buah bit juga mengandung berbagai zat yang baik bagi tubuh seperti folat, potasium, dan beta-karoten. Cara penyajiannya, kukus buah bit hingga benar-benar lunak, kemudian haluskan sebelum diberikan pada si kecil.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru