09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Jenis makanan super untuk bayi dibawah 12 bulan

KategoriBayi
Di lihat5644 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

rekomendasi makanan sehat untuk bayi bunda

Saat si kecil menginjak usia 6 bulan, perutnya sudah siap menerima makanan semi padat sebagai pendamping ASI. Ditahap ini, para ahli merekomendasikan ayah bunda untuk mengenalkan beragam jenis makanan pada mereka. Hal ini dilakukan agar lidah si buah hati terbiasa dengan berbagai rasa dan tekstur makanan. Beberapa penelitian mengungkap bahwa mengenalkan beragam jenis makanan sejak dini adalah upaya efektif agar si kecil tak pilih-pilih makanan dikemudian hari.

Baca juga: Waspada 6 zat aditif pada makanan berikut ini

Diantara berbagai jenis makanan, ada jenis tertentu yang sangat direkomendasikan untuk diberikan pada bayi bunda karena kandungan zat gizinya yang bagus bagi pertumbuhan fisik si buah hati. Berikut adalah 6 jenis makanan super yang bagus untuk si kecil:

Makanan super untuk bayi

1. Sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran berwarna hijau gelap ini kaya akan kandungan zat besi dan folat. Zat besi mutlak diperlukan si kecil terutama untuk bembentukan sel darah merah. Beberapa jenis yang direkomendasikan untuk si mungil adalah bayam, dan kangkung. Ayah bunda dapat mencampur sayuran yang sudah di kukus dan dihaluskan kedalam bubur yang biasa dimakannya.

2. Brokoli. Tak hanya kaya akan folat seperti bayam, brokoli juga mengandung unsur kasium dan vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi. Kalsium diperlukan si kecil untuk berbagai proses diantaranya mendukung kekuatan tulang dan gigi, serta berperan dalam proses pembekuan darah jika mereka terluka. Selain itu, brokoli juga kaya akan serat yang jika dikonsumsi dalam prorsi tepat dapat membantu menghindarkan si kecil dari gejala sembelit.

Baca juga: 3 Penyebab ketulian pada anak balita

3. Yogurt. Bahan pangan berbahan dasar susu ini tak hanya bagus bagi ayah bunda, yogurt juga cocok diberikan pada bayi saat mereka mulai mengkonsumsi makanan pendaping ASI. Yogurt bagus untuk pertumbuhan otak dan hati serta mampu mengoptimalkan daya tahan tubuh mereka. Untuk kandungan vitamin dan mineral, yogurt kaya akan vitamin D dan kalsium yang bagus untuk kekuatan tulang dan gigi.

4. Alpukat. Selain rasanya yang enak, daging alpukat diperkaya dengan lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh juga diperlukan si kecil untuk pertumbuhan optimal otak mereka. Ayah bunda dapat menyajikan buah alpukat matang langsung seteah dihaluskan atau mengkombinasikanya dengan jenis makanan lain.

5. Daging. Ayah bunda dapat memilih jenis daging sapi atau kambing untuk diberikan pada si buah hati. Daging sapi kaya akan zat besi dan menurut penelitian, kandungan zat besi dalam daging sapi diserap tubuh kita 4 kali lebih baik dibandingkan dengan sumber zat besi dari makanan lain. Selain zat besi, daging sapi juga kaya akan unsur zinc. Karena daging sapi memiliki tekstur yang cukup alot untuk bayi, pastikan ayah bunda menghaluskan daging menggunakan food processor sebelum memberikanya pada mereka.

Baca juga: Jenis aktivitas fisik untuk kebugaran si kecil

6. Jenuk manis. Ayah bunda dapat memilih jenis jeruk mandarin atau baby orange yang rasanya manis untuk diberikan pada si mungil. Jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang mampu memperkuat sistem daya tahan tubuh. Pilih jeruk segar dari pada jeruk dalam kemasan kaleng.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru