09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Jenis permainan sederhana untuk melatih perkembangan otak balita

KategoriKreativitas
Di lihat2566 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

permainan untuk melatih kecerdasan si kecil

Mainan edukatif memang bagus bagi si kecil karena dapat merangsang perkembangan, sistem motorik, kognitif, dan intelektual mereka, namun taukah ayah bunda, untuk melatih tiga kemampuan penting di atas, tidak harus dengan membeli permainan edukatif yang banyak dan mahal. Sebenarnya dengan memanfaatkan aktifitas dan barang-barang sederhana disekitar rumah, ayah bunda dapat melakukan aktifitas melatih kemampuan si buah hati.

Baca juga: 9 Tips melatih kecerdasan anak balita

Berikut adalah aktifitas sederhana, murah, dan menyenangkan yang dapat merangsang tumbuh kembang otak anak balita, jenis aktifitas ini direkomendasikan oleh Gaye Grunlond, seorang pakar pendidikan anak dan pengarang buku Developmentally Appropriate Play: Guiding Young Children to a Higher Level.

1. Bermain balok. Mainan edukatif balok dapat merangsang si kecil berfikir analitis, mereka akan mencari tahu apa yang akan terjadi jika balok tersebut ditumpuk dengan urutan tertentu. Bermain balok juga dapat mengenalkan ragam jenis posisi benda seperti: posisi diatas, dibawah, samping kanan, samping kiri, didalam, dan diluar. Bunda dapat memanfaatkan kotak bekas dengan berbagai ukuran untuk dimainkan si kecil. Bungkus kotak-kotak tersebut dengan kertas warna atau beri cat air agar si kecil lebih tertarik bermain.

Baca juga: 5 Tips agar si kecil cepat bisa jalan

2. Bermain pasir dan air. Se-ember air saat mandi atau bermain pasir di pantai ditambah dengan sekop, gelas, dan gayung, adalah sarana mainan edukatif yang murah meriah. Saat mereka menuangkan air kedalam gelas-gelas menggunakan gayung, atau membuat istana dari pasir pantai, mereka akan belajar tentang volume, tekstur, benda padat, dan cairan.

3. Bermain peran. Posisikan si kecil untuk menjadi pemimpin, saat mereka meminta ayah bunda untuk melakukan sesuatu saat bermain, jangan menolak, ikuti saja. Disaat yang lain posisikan ayah bunda sebagai yang mengarahkan. Pakar perkembangan anak menemukan fakta bahwa si kecil lebih mudah belajar kata-kata baru saat kita mengikuti aktifitas mereka ataupun sebaliknya.

4. Bermain kostum. Jenis permainan ini dapat merangsang aktifitas perfikir kreatif dan belajar berekspresi. Tak harus menggunakan pakaian khusus, memanfaatkan barang yang ada pun tak masalah. Semisal si kecil suka karakter ironman, ayah bunda dapat membuatkan mereka topeng kertas berkarakter ironmen, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara membuat playdough sendiri

5. Masak-masakan. Jangan sepelekan jenis permainan yang satu ini, saat mereka bermain masak-masakan atau berpura-pura menuangkan air kedalam gelas, saat itu mereka sedang melatih kemampuan imajinasi, serta koordinasi tantara mata dan gerak tangan. Beralatan masak bunda yang aman dimainkan si kecil juga gak masalah, jadi tak harus selalu membeli mainan masak-masakan.

6. Bermain petak umpet. Saat si kecil bermain petak umpet, mereka akan belajar tentang navigasi, pemetaan, dan kemampuan mengenal ruang. Saat mereka akan bersembunyi, mereka harus memvisualisasikan denah rumah sehingga mereka dapat menentukan dimana mereka sembunyi agar tidak mudah ditemukan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru