09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Langkah menyiapkan balita ayah bunda agar siap berpuasa

KategoriParenting
Di lihat392 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips dan trik agar si kecil mau belajar berpuasa

Dalam agama islam seseorang diwajibkan berpuasa ketika sudah mencapai akil balig, namun demikian, membiasakan balita untuk belajar puasa sedini mungkin ada baiknya agar saat tiba waktunya mereka sudah terbiasa berpuasa. Pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak ayah bunda, mulai usia berapa baiknya si kecil dikenalkan dengan puasa dan bagaimana cara yang tepat dalam mengenalkan puasa pada anak balita.

Menurut ahli tumbuh kembang anak, saat usia si kecil mencapai 3-5 tahun mereka sudah bisa mulai difahamkan bahwa puasa artinya tidak makan dan tidak minum. Di usia ini si kecil akan banyak bertanya termasuk sekitar puasa dan aktifitas dibulan ramadhan yang lainya.

Mengajarkan si kecil berpuasa bisa dimula dengan memberikan pemahaman pada mereka apa itu puasa, jelaskan secara sederhana agar mudah mereka fahami. Jika sudah memungkinkan ajak mereka untuk ikut berpuasa meski hanya setengan atau seperempat hari. Yang penting adalah buatlah suasana yang menyenangkan selama belajar berpuasa, agar mereka mau mengulangi di kesempatan berikutnya.

Tips dan trik agar si kecil siap belajar puasa

1. Bertahap dan menyenangkan. Sebagai permulaan ayah bunda dapat membiasakan si kecil berpuasa selama 3-4 jam atau setengah hari jika mereka kuat. Berikan motivasi agar mereka mau belajar puasa baik secara verbal berupa pujian, maupun secara non verbal misalnya dengan menyediakan makanan kesukaan mereka untuk saat berbuka puasa.

2. Sebagai permulaan mereka bisa berpuasa sampai tengah hari, kemudian berbuka dan melanjutkan puasa sampai sore. Kurangi waktu bermain di siang hari karena dapat membuat si kecil mudah haus dan lapar. Jika si kecil terbiasa tidur siang, dorong untuk tidur siang sebelum berbuka.

3. Berikan rewards. Ayah bunda dapat memberikan hadiah untuk memotivasi mereka berpuasa, seiring dengan bertambahnya usia dan pemahaman mereka, ayah bunda dapat memahamkan makna dan tujuan berpuasa yang sesungguhnya.

4. Berikan contoh. Salah satu upaya memotivasi si kecil untuk berpuasa adalah menunjukan bahwa puasa tidak begitu berat. Jangan terlalu menunjukan ‘penderitaan’ lapar dan lemas jika sedang didepan si kecil. Jika ayah bunda menunjukan perasaan tersiksa, besar kemungkinan si kecil juga akan berat ketika harus puasa.

5. Nutrisi bergizi saat berbuka atau sahur. Berikan asupan nutrisi dan cairan yang cukup serta berimbang. Nutrisi yang cukup, lengkap, dan berimbang dapat menjamin tenaga mereka selama berpuasa.

6. Alihkan perhatian. Selama mereka menjalani puasa, berikan aktifitas yang tidak terlalu menguras tenaga misalnya membantu bunda masak, menggambar, atau bermain tebak kata. Aktifitas bermain yang menyenangkan dapat mengalihkan perhatian mereka dari berbuka.

7. Pantau kesehatanya. Selama mereka berpuasa, pantau kondisi kesehatanya, apakah mereka tampak sangat lemas dan pucat? Jika iya, berikan kesempatan pada mereka untuk berbuka meski targetnya belum tercapai.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru