09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Manfaat pijat pasca persalinan bagi bunda

KategoriKehamilan
Di lihat546 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah manfaat pijat yang dilakukan setelah melahirkan

Pijat merupakan cara yang umum dilakukan untuk mengurangi stres, relaksasi, dan mengurangi rasa sakit. Ternyata, kebaikan pijat juga dibutuhkan oleh bunda yang baru saja melahirkan, bahkan sama pentingnya dengan pijat di masa kehamilan. Pijat postpartum atau pijat pasca-persalinan memiliki banyak manfaat antara lain membuat tidur bunda lebih nyenyak, memperbaiki kondisi hormonal, membantu proses menyusui, dan mengurangi pembengkakan.

Baca juga: Tips aman saat si kecil diluar rumah

Keuntungan pijat pasca-persalinan

1. Relaksasi dan mengurangi stres. Pijat mampu merelaksasi otot, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi hormon stres. Selain itu, pijat juga memiliki pengaruh positif pada penderita depresi dan kecemasan.

2. Mengurangi rasa sakit. Persalinan biasanya meninggalkan rasa sakit bagi bunda. Ahl ini diperparah oleh rasa sakit akibat proses menyusui dan merawat bayi seperti nyeri di bagian punggung, bahu, dan lengan. Pijat merupakan cara yang baik untuk meredakan rasa sakit tersebut tanpa menggunakan obat-obatan. Sakit yang lebih parah juga dapat diatasi dengan pijat, namun biasanya mereda setelah beberapa sesi pijat.

3. Menciptakan keseimbangan hormonal. Beberapa penelitian membuktikan bahwa pijat pasca-persalinan bisa mengurangi hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Pijat juga mengurangi zat biokimia yang diasosiasikan dengan depresi (dopamin dan serotonin) dan masalah kardiovaskuler (norepinefrin).

4. Mengurangi pembengkakan. Selama kehamilan, volume cairan dalam tubuh meningkat hingga 50% sehingga menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Setelah persalinan, keseimbangan cairan perlu dikembalikan, salah satunya dengan pijat. Pijat mampu meningkatkan pembuangan kelebihan cairan dan zat-zat sisa. Pembengkakan juga bisa disebabkan oleh kondisi hormonal yang tidak seimbang. Pijat terbukti mampu membantu regulasi hormon (lihat atas).

Baca juga: Tips jitu mengasah kemampuan intelektual anak

5. Meredakan sulit tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat mampu meningkatkan gelombang delta di otak, sehingga mempermudah seseorang untuk tertidur. Selain itu, pijat mampu meredakan keletihan dan membuat tubuh rileks sehingga tidur lebih nyenyak. Tidur yang cukup sangatlah penting bagi bunda untuk mempercepat pemulihan tubuh setelah persalinan.

6. Memperlancar ASI. Pijat mampu membuat tubuh lebih rileks, memperlancar aliran darah, dan memperlancar ASI. Pijat terbukti mampu meningkatkan hormon prolaktin yang berperan penting dalam produksi air susu. Pijat juga dapat membuat otot dada lebih rileks sehingga bahu terbuka dan hal ini mendukung proses menyusui. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa pijat di daerah payudara dapat menghindarkan bunda dari nyeri payudara, mengurangi kandungan sodium dalam ASI, dan memudahkan bayi untuk menghisap air susu.

Memulai pijat pasca-persalinan

Pijat pasca-persalinan dapat setelah persalinan ketika bunda sudah merasa siap. Bila bunda masih merasakan nyeri pada perut atau payudara, terapis yang berpengalaman akan mengarahkan bunda pada posisi yang nyaman selama sesi pijat. Posisi berbaring pada sisi tubuh adalah yang paling efektif untuk mengatasi masalah pada pundak, pinggul, atau kaki.

Baca juga: Cara praktis memilih pakaian anak

Bila bunda ingin membawa si kecil ke tempat terapi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan terapis. Beberapa terapis akan dengah senang hati mengijinkan kita membawa si kecil serta bila kita tidak bisa meninggalkannya sendirian di rumah. Terapis biasanya juga memfasilitasi para ibu untuk menjalankan rutinitas yang berkaitan dengan bayi bila diperlukan, seperti menyusui atau mengganti popok. Akan tetapi, membawa bayi bisa membuat kita membutuhkan waktu lebih lama di tempat terapi. Karena itu, lebih baik bawa si kecil dengan persetujuan terapis.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru