09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Panduan pola nutrisi sehat setelah melahirkan

KategoriNutrisi
Di lihat996 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah panduan pola makan sehat khusus untuk ibu yang baru melahirkan

Bunda yang baru melahirkan perlu memperhatikan pola makannya supaya tetap sehat. Tips-tips berikut ini bisa membantu bunda menjalankan pola makan yang baik untuk menyediakan cukup energi, mendukung proses menyusui, dan mempercepat turunnya berat badan sehabisĀ  melahirkan.

1. Minum minimal 9 gelas air setiap hari

Kurang tidur yang sering dialami oleh para ibu membuat mereka rawan terkena dehidrasi. Karena itu, usahakan minum minimal 9 gelas air setiap hari. Bila bunda merasa jenuh dengan air putijh, bunda bisa menggantinya dengan air kelapa atau dengan mengkonsumsi semangka. Keduanya menyediakan cairan dan elektrolit bagi tubuh. Buah dan sayur yang kaya akan air seperti jeruk, beri-berian, dan mentimun juga bisa menjadi pilhan.

Baca juga: Tips agar si kecil mau makan sayur

2. Konsumsi lemak yang sehat

Selama masa pasca-persalinan jangan menghindari lemak, sebaliknya konsumsilah cukup lemak yang sehat. Asupan lemak sangat penting untuk menjaga tercukupinya kebutuhan kalori bunda selama menyusui. Karena itu, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, santan, biji chia, dan selai kacang.

3. Makan setiap 2 atau 3 jam dan konsumsi snack sehat

Makan setiap 2 atau 3 jam sehari dapat membantu kebutuhan kalori dan nutrisi bunda tercukupi selama menyusui. Konsumsi juga snack sehat di antara waktu makan. Akan tetapi, hati-hati dengan pilihan camilan bunda. Snack yang mengandung banyak gula seperti coklat atau cake akan meningkatkan level gula darah bunda dengan cepat namun hanya sesaat sehingga membuat bunda cepat lemas. Sediakan snack sehat berbahan dasar sayur dan buah di rumah untuk dikonsumsi setiap bunda merasa lapar.

Baca juga: Mengatasi susah BAB secara alami pada anak

4. Minum jus buah dan sayur

Beberapa makanan sehat lebih mudah dikonsumsi dalam bentuk jus. Misalnya, buatlah jus dari campuran oat, sayuran hijau, biji chia, buah-buahan, dan yagurth. Selain lezat, minuman tersebut bisa menyediakan berbagai nutrisi penting dalam bentuk yang lebih praktis.

5. Konsumsi vitamin prenatal

Untuk menjaga asupan nutrisi bunda, ada baiknya bunda bicara dengan dokter untuk mengetahui suplemen makanan apa yang cocok untuk kebutuhan ibu menyusui. Menjaga asupan nutrisi dari makanan segar memang penting, namun suplemen membantu bunda memastikan jumlah zat-zat penting yang bunda konsumsi cukup jumlahnya. Suplemen yang biasa digunakan oleh ibu menyusui misalnya minyak ikan, karena kaya akan omega-3 dan vitamin D yang sangat bunda butuhkan untuk mendukung proses menyusui.

Baca juga: Tips agar si kecil mau tidur siang

6. Perbanyak makanan berserat

Setelah melahirkan sistem pencernaan kita biasanya tidak berjalan dengan normal. Karenanya, dibutuhkan asupan serat yang lebih banyak untuk memperlancar pencernaan. Konsumsi makanan-makanan, terutama sayur dan buah kaya serat seperti apel (jangan buang kulitnya), pear, brokoli, ara, beras coklat, dan gandum utuh. Selain memperlancar pencernaan, makanan berserat juga dapat membantu menurunkan berat badan sehabis melahirkan. Akan tetapi, karena penyerapan serat oleh tubuh membutuhkan lebih banyak air, jangan lupa mengkonsumsi cukup air setiap harinya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru