09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Strategi jitu mengatasi sulit tidur saat hamil

KategoriKehamilan
Di lihat1802 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara agar ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak diwaktu malam

Kurang tidur adalah salah satu masalah yang kerap muncul ibu hamil kehamilan, terutama saat usia kandungan memasuki trimester ketiga. Perubahan hormonal yang terjadi pada masa kehamilan mempengaruhi pola tidur ibu. Perubahan bentuk tubuh juga kerap membuat ibu susah tidur karena sulit mendapatkan posisi yang nyaman ketika tidur. Padahal istirahat yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu semasa kehamilan.

Baca juga: Tips tubuh ideal setelah persalinan

Gangguan tidur saat hamil

Masalah tidur pada wanita hamil dimulai pada pada saat kehamilan memasuki trimester pertama. Pada masa ini, tidur ibu sering terganggu karena seringnya ibu terjaga untuk pergi ke kamar kecil. Masalah-masalah lain juga sering muncul dan mempengaruhi pola tidur ibu, seperti mimpi buruk, perut mulas, kram pada kaki, rasa lapar, dan kecemasan. Tidak berhenti sampai di situ, masalah tidur juga akan muncul pada trimester ketiga ketika frekuensi buang air kecil menjadi semakin sering.

Pada trimester ketiga kandung kemil tertekan oleh rahim yang terus membesar sehingga sulit bagi ibu untuk menahan kencing. Selain itu, ginjal bekerja sangat keras menyaring 50% lebih banyak darah daripada sebelum hamil untuk membuang sisa metabolisme ibu sekaligus janin.

Masalah lain yang menyebabkan wanita hamil sulit tidur adalah sulitnya menemukan posisi tidur yang tepat. Perubahan bentuk tubuh ibu sering membuat tidur menjadi tidak nyaman. Disamping itu, tidur terlentang bukan lagi menjadi posisi terbaik. Tidur terlentang tidak dianjurkan setelah kehamilan melewati trimester pertama karena posisi tidur ini akan membuat pembuluh darah penting tertekan. Posisi yang terbaik adalah berbaring pada sisi tubuh (paling baik berbaring pada sisi tubuh kiri).

Baca juga: Cara agar produksi ASI melimpah

Mengatasi masalah tidur saat hamil

1. Hindari mengkonsumsi makanan berkafein (termasuk teh, kopi, soft drink, dan coklat) setelah tengah hari. Kafein merupakan zat stimulan yang memacu kerja jantung dan bisa membuat sulit tidur.

2. Tetaplah minum minimal 8 gelas sehari, namun jangan terlalu banyak minum pada malam hari.

3. Makan makanan ringan sebelum tidur bisa membantu menghindari rasa lapar di tengah malam yang membuat tidur menjadi terganggu. Pilih camilan berprotein dan karbohidrat tinggi. Akan tetapi hati-hati dengan kandungan gula dalam makanan. Kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan gula darah sehingga tubuh menjadi kelebihan energi dan ini juga bisa membuat ibu sulit terlelap. Camilan yang bisa dipilih misalnya roti gandum utuh dengan keju atau segelas susu hangat (tanpa coklat).

4. Lakukan olahraga ringan secara teratur, bisa di pagi hari atau menjelang malam. Akan tetapi, jangan berolahraga berlebihan menjelang malam karena bisa membuat tubuh semakin berenergi dan sulit tidur. Selain itu, coba juga yoga atau meditasi sebelum tidur.

Baca juga: Menyusui dapat menurunkan resiko obesitas anak

5. Buka jendela kamar untuk membiarkan udara segar masuk ke ruangan. Suhu kamar yang sejuk bisa membuat tubuh lebih rileks dan lebih mudah tidur. Bila udara di luar terlalu dingin, jangan buka jendela, namun atur suhu ruangan sehingga nyaman untuk tidur.

6. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh rileks dan lebih mudah terlelap.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru