09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Strategi menghadapi si kecil yang suka susah makanan

KategoriParenting
Di lihat1087 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips seputar mengatasi anak yang susah makan dan pilih-pilih makanan

Sebagian besar orang tua pasti pernah mengalami kesulitan menghadapi si kecil yang suka pilih-pilih makanan. Bahkan menurut statistik, sekitar setengah dari seluruh balita berumur 2 tahun suka pilih-pilih makanan. Jangan khawatir bunda, berikut adalah tips jitu mengatasi kebiasaan pilih-pilih makanan pada anak-anak.

Tips menangani si kecil yang pilih-pilih makanan

1. Libatkan si kecil di dapur

Penelitian menyebutkan bahwa anak-anak yang dilibatkan dalam penyajian makanan di dapur, menjadi lebih antusias menikmati makanan yang ia bantu penyajiannya. Karenanya, biarkan si kecil melakukan tugas-tugas sederhana di dapur dan ia akan lebih bersemangat untuk makan. Selain itu, anak-anak juga bisa diajak untuk berbelanja. Sajikan makanan yang dibeli bersama di supermarket dengan tampilan yang menarik. Hal ini mungkin tidak membuat si kecil langsung berubah menjadi “pemakan segala”. Akan tetapi, ini bisa merangsang minat si kecil untuk mencoba makan makanan yang bukan “favoritnya”.

Baca juga: Tips menurunkan berat badan setelah melahirkan

2. Ajak anggota keluarga yang lain untuk makan bersama

Usahakan seluruh keluarga memiliki waktu untuk makan bersama beberapa kali seminggu. Anak-anak akan lebih tertarik untuk makan makanan yang juga dinikmati oleh anggota keluarga yang lain. Jangan terlalu khawatir dulu bila si kecil membuat makanannya berantakan. Lambat laun ia bisa belajar makan dengan benar dan rapi.

3. Sajikan makanan dalam tampilan yang lebih menarik

Biasanya anak-anak lebih tertarik makan makanan yang disajikan dalam bentuk-bentuk unik. Contohnya, bunda bisa memotong roti isi keju biasa dengan pemotong kukis berbentuk bintang, hati, atau bentuk-bentuk lucu lainnya. Atau, susunlah makanan dalam bentuk yang lucu, seperti wajah, wajah hewan dan sebagainya. Memang, hal ini membutuhkan sedikit kerja ekstra dan kreativitas. Namun, dijamin hasilnya tidak mengecewakan.

Baca juga: 5 Fakta seputar gigi permanen si kecil

4. Cara memasukkan sayuran dan buah-buahan dalam menu

Si kecil tidak suka makan sayur dan buah? Sembunyikan saja sayuran dan buah-buahan dalam makanan yang disajikan dengan menarik. Misalnya, parut wortel dan campurkan dalam adonan cake coklat atau pancake, potong-potong buah dan campur dengan yogurth sehingga tampak seperti salad buah, atau campurkan sayur-sayuran yang biasanya dihindari si kecil dalam omelet yang lezat.

5. Sediakan camilan sehat di rumah

Anak-anak yang pilih-pilih makanan atau yang susah makan biasanya menjadi lebih banyak makan camilan yang kurang sehat. Membatasi camilan untuk si kecil juga bukan solusi yang tepat, karena mereka akan lebih tertarik pada camilan yang dilarang dan mencuri-curi makan camilan tersebut tiap kali ada kesempatan. Karena itu, jangan membatasi camilan untuk si kecil. Sebagai gantinya, pastikan setiap camilan yang dibeli untuk seluruh keluarga adalah camilan yang sehat. Camilan yang bisa dicoba, misalnya buah-buahan kering, kukis yang diberi pemanis dari jus buah-buahan, atau kue-kue yang bunda buat sendiri di rumah sehingga kesehatannya terjaga.

Baca juga: Langkah mencegah serangan asma pada anak

6. Beri contoh kebiasaan makan yang baik

Anak-anak cenderung menyukai dan menghindari makanan yang sama seperti yang biasa dimakan dan dihindari orang tuanya. Karena itu, kita harus membiasakan diri makan bermacam-macam makanan. Sajikan beragam menu yang berbeda setiap harinya supaya seluruh keluarga terbiasa menikmati menu yang beragam dan memperoleh nutrisi yang seimbang.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru