09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips agar ayah lebih dekat si kecil yang baru lahir

KategoriParenting
Di lihat686 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips-tips agar ayah lebih akrab dengan si kecil yang baru lahir

Semua ayah pasti ingin memiliki waktu yang cukup untuk bersama dengan buah hatinya yang baru lahir. Kendalanya, si kecil akan menghabiskan banyak waktu dengan ibunya karena ia maswih harus menyusui setiap beberapa jam sekali. Meski demikian, waktu kebersamaan antara ayah dan si bayi sangatlah penting untuk memperkuat ikatan emosional di antara ayah dan si kecil. Berikut adalah tips-tips yang layak dicoba untukĀ  meningkatkan waktu kebersamaan antara ayah dan buah hatinya yang baru lahir.

Baca juga: 6 langkah agar si kecil terbebas dari gigitan nyamuk

1. Gali informasi sebanyak-banyaknya. Perbanyak bacaan mengenai cara merawat bayi dari buku, majalah, internet, atau sumber-sumber lain. Karena tidak semua hal terangkum dalam buku, bergaul dengan teman-teman yang memiliki bayi juga bisa membantu ayah dalam mengumpulkan informasi seputar merawat si buah hati. Ayah bahkan bisa mulai mencari informasi-informasi tersebut semenjak si kecil di dalam kandungan, misalnya ketika berkumpul dengan calon ayah lain di ruang tunggu dokter kandungan atau saat mengantar pasangan yang sedang hamil ke kelas yoga khusus ibu hamil.

2. Perbanyak praktek. Seorang wanita tidak dengan sendirinya menjadi ibu yang baik tanpa praktek langsung, begitu pula dengan para ayah. Karena itu, libatkan diri sebanyak-banyaknya untuk mengurus si kecil, misalnya mengganti popok, memandikan, atau membuat bayi merasa nyaman.

3. Perbanyak kontak dengan bayi. Untuk membuat ayah terbiasa dengan tugas mengurus si kecil, perbanyak waktu untuk bersamanya. Ajak si kecil berjalan-jalan dalam stroller, ajak ia bicara, atau bacakan sebuah buku untuknya. Hal ini juga bisa meningkatkan hubungan emosional antara ayah dan si buah hati.

Baca juga: Kepala si kecil benjol karena benturan, perlukah ke dokter?

4. Tetaplah terlibat mengurus si kecil. Para ibu mungkin merasa gagal sebagai seorang ibu bila bukan ia yang mengurus bayi selama 24 jam setiap harinya. Akan tetapi, amatlah penting bagi para ayah untuk membangkitkan hubungan batin dengan si kecil. Karena itu, sekalipun sang ibu mungkin melarang ayah atau meragukan ayah untuk terliba, tunjukkan perhatian dengan tetap membantunya dalam kegiatan merawat si kecil.

5. Libatkan diri dalam kegiatan menyusui. Temani si kecil dan ibunya dalam aktivitas menyusui, karena terkadang sang ibu membutuhkan bantuan ayah untuk mengganti popok selepas menyusui atau membantu si bayi bersendawa. Ayah juga bisa membantu menggendong si kecil kepada ibunya untuk disusui atau bahkan memberikan kepada bayi ASI yang sudah diperas dan disimpan dalam botol susu.

Baca juga: Tips mengatasi luka bakar pada anak

6. Jangan menyerah. Para ayah memiliki gaya yang berbeda dalam mengurus si kecil dibanding para ibu. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Para ayah memiliki energi yang lebih besar dan merupakan penyeimbang bagi para ibu yang cenderung lebih lembut. Jangan menyerah dan tetap berusahalah untuk melibatkan diri, tentunya dengan cara yang membuat ayah lebih nyaman

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru