09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips agar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk

KategoriKesehatan
Di lihat6703 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips terhindar dari gigitan nyamuk

Nyamuk dapat menjadi pembawa berbagai virus berbahaya, termasuk diantaranya virus malaria, chikungunya, demam berdarah, dan sebagainya. Tak jarang, penyakit-penyakit tersebut manjangkiti anak-anak. Penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara menghindari gigitan nyamuk.

Strategi yang dapat dilakukan bemacam-macam, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah hingga penggunaan obat anti-nyamuk. Ingin menghindarkan buah hati tercinta dari penyakit berbahaya akibat gigitan nyamuk, bunda? Berikut adalah beberapa cara paling efektif yang layak diterapkan.

Baca juga: 5 Tips agar si kecil terbiasa tidur siang

1. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar

Nyamuk biasa bertelur di air yang tidak mengalir, misalnya air di dalam ember, bak mandi, vas bunga, dan sebagainya. Telur nyamuk biasanya menetas dalam waktu 7 hingga 10 hari. Karenanya, pastikan bunda mengganti air dalam bak mandi atau vas bunga sesering mungkin. Gosok dengan bersih dinding bak mandi ketika kita mengurasnya supaya telur nyamuk tidak tertinggal di sana.

Selain itu, pastikan ayah bunda menutup wadah-wadah air dirumah supaya nyamuk tidak bertelur di dalamnya, ayah bunda dapat menaburkan bubuk abate pada bak mandi yang susah dikuras untuk membunuh jentik nyamuk.

Teteskan minyak tanah di atas wadah air yang terbuka diluar. Minyak tanah akan membentuk lapisan di atas air sehingga nyamuk tidak dapat bertelur di sana. Buang benda-benda yang bisa menampung air hujan dari sekitar rumah karena juga bisa menjadi tempat bagi nyamuk untuk bertelur.

2. Gunakan pakaian yang aman

Kenakan pakaian berlengan panjang dan celana yang panjang. Pakaian-pakaian tersebut lebih baik untuk menghindari gigitan nyamuk daripada celana pendek, rok pendek, atau gaun. Pilih bahan pakaian yang dingin, menyerap keringat, dan memungkinkan sirkulasi udara supaya si kecil tidak merasa kepanasan. Selain itu, hindari pakaian berwarna gelap karena dapat menarik serangga mendekat.

Baca juga: Waspada, dampak negatif tablet dan smartphone pada si kecil

3. Hindari bau-bauan yang tajam

Jangan memakaikan lotion, sabun, atau parfum yang beraroma menyengat kepada si kecil. Bau-bauan harum yang tajam juga bisa menarik serangga.

4. Bersihkan sisa makanan dengan baik

Pastikan tidak ada sisa makanan tak tertutup yang tertinggal di ruangan, terutama tempat si kecil biasa tidur dan bermain.

5. Pasang kasa penghalang nyamuk

Memasang kasa penghalang nyamuk di tempat tidur bayi dapat menghindarkan bayi dari gigitran nyamuk. Penggunaan kasa penghalang nyamuk biasanya efektif  hingga si kecil mulai dapat merangkak sendiri. Kasa penghalang nyamuk biasanya bisa dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan bayi.

Kasa jenis ini juga bisa dipasang di sekitar tempat tidur bunda bila bunda biasa tidur seranjang dengan si kecil. Periksa setiap hari apakah ada nyamuk yang terperangkap oleh kain kasa.

Baca juga: 7 Cara bijak mendisiplinkan si buah hati

6. Gunakan obat anti-nyamuk

Dewasa ini, sudah banyak berbagai merek dan jenis obat anti-nyamuk yang dijual di pasaran. Mulai dari yang berbentuk spray, spiral, obat nyamuk elektrik, dan sebagainya. Penggunaan obat-anti nyamuk mungkin tidak selalu bisa membunuh nyamuk, namun ia dapat mencegah nyamuk mendekat selama keluarga tercinta berada di dalam ruangan. Hindari penggunaan obat nyamuk secara berlebihan atau terlalu dekat dengan si kecil karena berpotensi menimbulkan efek negatif pada kesehatanya.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru