09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips aman memberikan susu formula pada si buah hati

KategoriBayi
Di lihat1421 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips aman membuat dan memberikan susu formula pada bayi ayah bunda

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan si kecil meminum susu formula dengan aman. Cara pemberian susu formula yang tidak tepat bisa menyebabkan si kecil tersedak, mengalami kelebihan gas di perut, dan gangguan kesehatan gigi. Berikut adalah tips aman memberikan susu formula bagi si buah hati.

Tips aman pemberian sufor bayi

Baca juga: Tips melatih kedisiplinan si kecil dengan benar

1. Jangan meninggalkan si kecil sendirian ketika ia sedang minum susu formula. Hal ini tidaklah aman karena bisa menyebabkan si kecil tersedak, bahkan meningkatkan resiko si kecil terkena infeksi telinga. Menggunakan alat untuk mengganjal botol sementara ayah dan bunda meninggalkan si kecil juga tidak dianjurkan karena berbahaya. Di samping itu, menemani si kecil ketika minum susu formula juga memiliki efek positif lain, yaitu meningkatkan kedekatan emosional antara si kecil dengan ayah dan bunda.

2. Bila bunda menyimpan susu formula dalam lemari es, jangan lupa untuk menghangatkannya dulu sebelum diberikan kepada si kecil. Caranya, rendam botol berisi susu formula di dalam wadah berisi air panas hingga suhunya naik. Tes dulu suhunya dengan cara meneteskannya sedikit pada pergelangan tangan bunda. Suhu susu formula yang paling baik adalah hangat kuku. Bila ia masih terlalu panas, diamkan sebentar supaya suhunya turun, kemudian tes kembali dengan cara di atas. Yang perlu diingat, jangan memanaskan susu bayi (ASI maupun susu formula) dengan menggunakan microwave. Bila dipanaskan dengan microwave, botol bayi bisa saja tidak terasa panas ketika dipegang, namun susu di dalamnya bisa terlalu panas untuk si kecil. Susu yang dipanaskan dengan microwave juga bisa tidak merata panasnya, sehingga bisa sebagian bisa membakar mulut si kecil ketika ia meminumnya, padahal ketika dites dengan cara di atas suhunya sudah sesuai. Komposisi ASI juga bisa merubah bila dipanaskan dalam suhu yang terlalu tinggi.

Baca juga: 5 Tips mengatasi cemburu berlebih pada balita

3. Patikan ukuran lubang dot. Bila si kecil meneguk susu terlau cepat, mungkin lubang pada dot terlalu besar. Bila ia tampak kesullitan menghisap susu dalam botol, mungkin saja lubang pada dot terlalu kecil. Cobalah juga beberapa bentuk dot untuk mengetahui yang mana yang paling cocok untuk si kecil.

4. Miringkan botol sedikit ketika si kecil minum susu supaya ia tidak menelan udara. Hal ini bisa menyebabkan bayi kembung, bahkan gumoh. Biasakan juga untuk membantu si kecil bersendawa beberapa kali selama minum dan setelah minum susu.

Baca juga: 6 Tips menangani si kecil yang penakut

5. Jangan membiarkan si kecil tertidur ketika minum susu karena sisa susu pada gigi bisa menyebabkan kerusakan gigi. Bersihkan dulu sisa susu yang tertinggal pada mulut bayi sebelum ia tidur. Bila si kecil memiliki kebiasaan menghisap sesuatu supaya dapat tidur, berikan ia empeng, bukan susu.

6. Sterilisasi botol bayi dapat menyebabkan lubang dot mengecil. Cobalah dahulu meneteskan susu pada pergelangan tangan bunda untuk memastikan susu dapat mengalir lancar dari botol.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru