09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips ampuh meredakan kram kaki pada masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat500 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

apa penyebab sakit kaki saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya?

Para wanita yang sedang menjalani masa kehamilan umumnya kerap mengalami kram dibagian kaki. Kram pada kaki tentu membuat ibu hamil tidak nyaman, terutama di malam hari. Betis tiba-tiba terasa nyeri dan telapak kaki menjadi sulit digerakkan. Menurut para ahli, umumnya gangguan ini sangatlah wajar terjadi selama masa kehamilan dan bukan gejala penyakit serius.

Baca juga: Cara efektif mengendalikan amarah si kecil

Penyebab keram kaki saat hamil

Para ahli belum yakin mengenai penyebab kondisi yang mengganggu ini. Akan tetapi, kram pada kaki selama kehamilan dipercaya sebagai akibat dari beban yang berat pada perut dan kaki karena janin yang terus membesar. Beban dari janin memberikan tekanan pada pembuluh darah di sekitar kaki dan tubuh bagian bawah sehingga sirkulasi darah tidak berjalan dengan normal.

Peningkatan berat badan yang berlebihan selama kehamilan, berkurangnya aktivitas fisik, serta hamil anak kembar merupakan beberapa hal yang biasanya memperparah kram saat hamil.

Teori lain yang juga dipercaya sebagai penyebab kram adalah masalah kurangnya nutrisi pada ibu hamil. Defisiensi zat-zat penting semisal magnesium, kalsium, dan vitamin C sering dikaitkan dengan gangguan ini. Selain itu, tingginya jumlah zat fosfor dalam menu harian juga diduga sebagai salah satu penyebab kram kaki.

Tips mencegah dan mengatasi kram kaki saat hamil

Kram kaki saat hamil bisa dicegah atau dikuragi dengan menerapkan tips berikut:

1. Lakukan kegiatan-kegiatan yang ringan supaya tubuh tetap aktif bergerak. Bunda bisa mengikuti kelas yoga khusus ibu hamil, berenang, atau sekedar berjalan-jalan santai di pagi hari sambil menghirup udara segar. Aktivitas harian seperti mengajak si kakak berjalan-jalan ke taman atau berbelanja ke pasar juga bisa menjadi alternatif kegiatan yang mudah dilakukan. Aktif bergerak setiap hari bisa mencegah kram kaki menjadi semakin parah dan menyiksa. Yang penting, ingatlah untuk melakukannya secara proporsional dan beristirahatlah sebelum merasa terlalu lelah.

Baca juga: Tips mudah mensterilkan botol susu bayi

2. Pastikan zat-zat penting seperti magnesium, kalsium, dan vitamin C ada di dalam menu harian yang kita konsumsi dalam jumlah yang cukup. Zat-zat ini dipercaya bisa mengurangi kram kaki dan gangguan kesehatan lain yang sering muncul pada wanita hamil. Magnesium bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau dan buah-buahan semisal kurma, ara, dan apel. Kalsium bisa didapat dari produk susu, biji bunga matahari, jagung manis, dan sayuran berdaun hijau. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan (misalnya, anggur, jeruk, tomat, dan mangga), kentang, dan sayuan hijau. Suplemen multivitamin untuk ibu hamil bisa mengurangi kram, namun pastikan bunda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

3. Lakukan peregangan ringan pada kaki sesering mungkin, terutama sebelum tidur. Hindari berdiri atau duduk pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Hindari pula duduk bersila karena bisa mengganggu sirkulasi darah ke kaki.

4. Kram pada kaki bisa dipicu kelebihan zat fosfor dalam makanan yang kita konsumsi. Karena itu, batasi konsumsi daging merah, daging olahan, fastfood, dan soda.

Baca juga: Tips untuk para ayah agar lebih dekat dengan si kecil

5. Pijat dengan minyak aromatherapi, seperti lavender atau chamomile dipercaya sebagai metode yang efektif untuk mengurangi kram kaki. Minyak lavender dapat mengurangi rasa sakit dan minyak chamomile dapat meredakan ketegangan otot dan mengobati inflamasi.

6. Mandi air hangat sebelum tidur dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah, selain membuat kita lebih rileks dan mudah tertidur. Alternatif lain, basahi sebuah handuk dengan air hangat, kemudian balutkan pada daerah yang sakit di kaki.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru