09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips jitu agar balita ayah bunda tetap sehat saat cuaca ‘jahat’

KategoriKesehatan
Di lihat650 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips menjaga kesehatan si kecil di segala cuaca

Saat cuaca tak menentu atau masa pancaroba biasanya si kecil cenderung lebih gampang sakit. Flu, batuk, radang tenggorokan, demam, diare, termasuk demam berdarah mengintai si kecil termasuk anggota keluarga lainnya. Resiko terkena penyakit selama musim pancaroba dapat dikurangi atau bahkan dihindari. Dengan beberapa langkah antisipatif berikut ini, ayah bunda dapat memastikan si kecil tetap sehat dan aktif meski cuaca sedang tak bersahabat.

Tips menjaga kesehatan si kecil di segala cuaca

1. Makan bergizi. Jenis dan kecukupan makanan bergizi yang dikonsumsi si kecil sangat berpengaruh pada kondisi daya tahan mereka dalam menghadapi serangan penyakit dari luar. Pastkan ayah bunda memberikan makanan sesuai dengan angka kecukupan gizi harian mereka. Variasikan jenis makanan untuk menghindari kebosanan sekaligus memastkan si kecil mendapatkan semua jenis nutrisi yang ia butuhkan.

(Baca juga: Jenis makanan yang baik bagi kekebalan tubuh si kecil)

2. Minum susu. Para ahli merekomendasikan anak usia 1-3 tahun untuk minum susu sebanyak 3-4 gelas dalam sehari dan 2 gelas per hari untuk anak dengan usia 3-5 tahun. Sebagai mana zat nutrisi lainya, susu kaya akan kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh si kecil untuk pertumbuhan badan dan menjaga daya tahan tubuh. Sekarang ini sudah banyak jenis susu yang dilengkapi dengan probiotik, yaitu jenis bakteri ‘baik’ yang dapat menjaga sistem pencernaan si kecil dari serangan bakteri ‘jahat’ penyebab penyakit.

3. Cukup tidur. Mendapatkan cukup tidur tidak hanya diperlukan si kecil untuk beristirahat. Saat mereka tidur, tubuhnya mengisi ulang tenaga yang telah dipakai saat beraktifitas. Menurut sebuah penelitian anak yang cukup tidur baik saat malam maupun siang, mereka cenderung lebih sehat, aktif, dan bahagia. Sebagai informasi bagi ayah bunda, balita usia 1-3 tahun biasanya membutuhkan 12-13 jam untuk tidur sedang anak usia 3-5 tahun biasanya membutuhkan 11-13 jam untuk tidur dalam sehari semalam.

4. Jaga kebersihan. Menjaga kebersihan si kecil bukan berarti mereka tidak boleh main di luar. Berikan mereka kebebasan dalam beraktifitas selama ayah bunda apat memastikan keamanannya. Biasakan mereka mencuci tangan dan kaki setelah bermain di luar, keluar dari kamar mandi, setelah bermain dengan hewan peliharaan, sebelum makan, dan tidur. Biasakan si kecil mandi secara teratur, minimal dua kali dalam sehari. Sebagian besar sumber penyakit seperti virus flu, dapat di lumpuhkan dengan menggunakan sabun saat mandi atau cuci tangan.

(Baca juga: Cara mencuci tangan yang benar)

5. Hindari berbagi alat makan dengan teman. Bermain dengan teman dapat melatih kemampuan komunikasi dan sosial si kecil, namun ajarkan pada si kecil untuk tidak berbagi alat makan seperti sedotan, sendok, dan gelas. Berbagi alat makan dapat menjadi mata rantai penyebaran sumber penyakit jika ada diantara temanya ada yang sedang sakit.

6. Ajak berolahraga. Tentu jenis olahraga bagi anak balita dapat di sesuaikan dengan kemampuan mereka yang penting terlibat dalam gerakan yang melatih kelenturan, daya pompa jantung, dan kekuatan tubuh mereka. Aktivitas olahraga yang bisa ayah bunda pilih diantaranya berenag, bersepeda, dan main bola. Pastikan si kecil juga mengenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Kenakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat saat hari panas, dan kenakan pakaian tebal saat cuaca dingin.

(Baca juga: 4 Jenis olahraga khusus anak balita)

7. Hindari cuaca ekstrim. Jika sedang hujan lebat atau matahari terik, hindari si kecil bermain di luar. Menggunakan krim tabir surya saat berenang disiang hari atau memakai payung saat hujan datang, dapat mengurangi resiko jatuh sakit akibat cuaca ekstrim.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru