09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips membawa si kecil untuk disuntik imunisasi

KategoriKesehatan
Di lihat667 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips membawa si buah ahti untuk disuntik imunisasi

Imunisasi sangatlah penting untuk melindungi si kecil dari berbagai gangguan kesehatan. Imunisasi bisa memberikan pertahanan terhadap 14 penyakit berbahaya bahkan mematikan yang bisa menjangkiti anak-anak. Imunisasi adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit, selain tentunya makanan bernutrisi dan sanitasi yang baik. Akan tetapi, semua orang pasti setuju bahwa disuntik itu sakit dan bukanlah hal yang mudah untuk memberi si kecil pengertian bahwa ia harus diimunisasi. Melihat si kecil menangis tiap kali diimunisasi pasti juga menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

Baca juga: 4 Jenis permainan menarik untuk si kecil

Agar si kecil mau diimunisasi

Beberapa cara di bawah ini dapat mempermudah bunda membawa si kecil untuk diimunisasi:

1. Yang pertama harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan menunjukkan kecemasan di depan si kecil karena akan mempengaruhi perasaannya. Bila ayah atau bunda tidak bisa mengatasi kecemasan karena si kecil akan diimunisasi, bicaralah dengan dokter. Bahkan, dokter mungkin akan membantu meyakinkan si kecil supaya mau diimunisasi.

2. Bawalah benda-benda yang bisa menenangkan si kecil selama berada di rumah sakit, misalnya selimut, mainan, atau buku favorit si kecil.

3. Pada anak yang sudah lebih besar, bunda bisa berkata jujur bahwa disuntik rasanya sedikit sakit namun akan segera hilang. Jelaskan bahwa imunisasi penting untuk menjaga kesehatannya.

4. Alihkan perhatian si kecil dari jarum suntik dengan cerita, mainan, atau hal-hal yang menarik di dalam ruangan.

5. Tersenyumlah dan lakukan kontak mata dengan si kecil pada saat vaksinasi berlangsung. Berbicaralah padanya dengan lembut atau nyanyikan sebuah lagu.

Baca juga: 6 Permainan untuk melatih otak si buah hati

6. Setelah selesai disuntik, tiup-tiup bekas suntikan pada tubuh si kecil untuk menenangkannya. Jangan lupa memeluk dan memujinya karena sudah berani disuntik. Coba juga menyusuinya atau memberinya susu formula untuk membuatnya lebih nyaman.

Efek samping imunisasi

Setelah imunisasi biasanya muncul efek samping seperti demam serta kemerahan, bengkak, dan nyeri pada tempat yang disuntik. Efek samping berupa demam tidak selalu terjadi, tergantung pada kesehatan si anak. Karena itu, untuk mencegah efek samping setelah diimunisasi para ahli tidak menyarankan memberikan vaksin kepada anak yang sedang sakit.

Baca juga: Cara membuat playdough tanpa dimasak

Efek samping vaksinasi biasanya berupa gejala ringan dan akan hilang setelah beberapa waktu. Untuk mengatasi bengkak pada bekas suntikan, kompres tempat yang baru disuntik dengan handuk yang dibasahi air dingin. Bila terjadi demam, bunda bisa melakukan kompres dingin pada si kecil. Pereda nyeri non-aspirin juga bisa diberikan, selama diijinkan oleh dokter.

Kemungkinan, bayi dan balita yang baru diimunisasi akan lebih sedikit makan, tidur lebih banyak, dan rewel untuk beberapa hari. Pastikan si kecil banyak minum dan cukup istirahat. Atur juga suhu ruang tidur si kecil supaya ia merasa lebih nyaman.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru