09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips mengatasi capek-capek selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat624 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips sederhana untuk menghindari dan meredakan keletihan selama masa kehamilan

Selain gejala morning sickness yang sering menghampiri ibu hamil, mudah cape, pegal-pegal, dan keletihan adalah kondisi lain yang sering ditemui pada ibu hamil, terutama saat memasuki trimester pertama dan ketiga. Sebagian ibu hamil malah merasakan keletihan sepanjang masa kehamilanya. Kondisi ini sering muncul bahkan sebelum perut bunda membesar.

Para ahli belum mengetahui secara pasti apa penyebab pasti dan bagaiman mekanisme yang terjadi sehingga bunda merasakan kondisi tersebut. Para ahli menduga adanya perubahan hormonal yang drastis dalam tubuh ibu hamil, menjadi pemicu keletihan. Beberapa kondisi yang sering ditemui pada ibu hamil seperti sulit tidur, sering buang air kecil saat malam, serta muntah-muntah, juga diduga berperan dalam menimbulkan keletihan pada ibu hamil.

Baca juga: Cara ASI mencegah penyakit pada bayi

Anemia akibat kekurangan zat besi dapat juga memicu gejala kelelahan selama masa kehamilan. Jika bunda diduga mengalami anemia, dokter biasanya akan melakukan tes darah untuk mengetahui kadar zat besi terutama saat kunjungan pedana di trimester pertama, serta tes berikutnya pada akhir trimester kedua atau awal trimester ketiga.

Tips meredakan keletihan pada ibu hamil

1. Sesuaikan aktivitas bunda. Saat bunda hamil dan merasakan keletihan yang sangat, mungkin itu tandanya bunda harus mulai menyesuaikan aktivitas harian. Kurangi kegiatan yang bisa dikurangi, distribusikan tugas kerumahtanggan kepada pasangan atau asistem rumah tangga. Jika bunda bekerja, gunakan waktu libur pekanan untuk beristirahat total.

2. Jaga asupan cairan. Memastikan tubuh bunda mendapat cairan cukup adalah hal penting. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi dapat membuat bunda lemas. Hindari konsumsi minuman ber-kafein karena dapat membuat bunda sering pipis.

Baca juga: Cyctic Fibrosis – Kelainan genetis pada bayi

3. Cermati kondisi tubuh. Jika ibu hamil merasa keletihan, upayakan untuk menampah jadwal istirahat, tidur lebih awal dan luangkan waktu untuk tidur siang meski selama beberapa menit. Jika bunda bekerja, gunakan waktu istirahat untuk memejamkan mata selama beberpapa menit meski sambil duduk dikursi kerja.

4. Pola makan sehat. Ibu hamil rata-rata memerlukan sekitar 300 kalori lebih banyak dibanding mereka yang tidak hamil. Prioritaskan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang cukup dan berimbang. Ganti keripik kentang, coklat, dan permen dengan cemilan sehat dari kelompok buah-buahan atau kacang-kacangan. Coret makanan berlabel junk food dari menu harian bunda.

5. Olahraga teratur. Meski hanya jalan kaki atau bersepeda dipagi hari, lakukan aktivitas olah raga tersebut karena secara signifikan akan membuat bunda lebih baik. Luangkan waktu disela-sela aktifitas rutin untuk rehat sejenak, lakukan peregangan, dan tarik nafas dalam-dalam.

Baca juga: Manfaat sehat stroberi bagi bayi bunda

6. Positif thinking. Saat keletihan menyerang dan bunda merasa sangat kepayahan, bayangkan bahwa dalam beberapa bulan kedepan, si mungil nan lucu akan lahir dan bunda akan berbahagia menggendongnya. Sangat penting pula adanya dukungan dari pasangan untuk mensupport bunda terutama dalam hal meringankan aktivitas harian bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru