09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips mengelola kehamilan beresiko akibat diabetes

KategoriKehamilan
Di lihat410 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips mengelola kehamilan beresiko akibat diabetes

Ibu hamil yang mengidap diabetes, baik tipe 1 atau 2, memiliki tantangan khusus dalam mengelola kesehatanya selama masa kehamilan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil dan pasangan untuk menjaga dan memastikan agar kondisi bunda dan si janin dapat melewati proses kehamilan dan persalinan dengan selamat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui oleh wanita pengidap diabetes mengenai kehamilan.

Baca juga: 3 Penyakit aneh yang menyerang si kecil

Dukungan tim medis

Kehamilan yang disertai dengan diabetes dikategorikan lebih beresiko sehingga perlu dilakukan penanganan khusus. Ibu dengan diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan sejak mereka merencanakan kehamilan. Saat bunda hamil, mungkin bunda juga akan direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter selain dokter kandungan, yaitu:

1. Dokter yang secara khusus sering menangani pasien diabetes, terutama mereka yang menjalani kehamilan.

2. Dokter mata. Mereka akan memonitor pembuluh darah pada bola mata bunda yang berpotensi mengalami kerusakan akibat kondisi diabetes selama masa kehamilan.

3. Ahli gizi. Mereka akan membantu memonitor dan merekomendasikan pola dan menu makan ibu hamil untuk menjaga agar selama masa kehamilan kadar gula darahnya berada di angka aman.

4. Dokter anak. Komunikasi dengan dokter anak sebaiknya dibangun sebelum si kecil lahir, hal ini dilakukan untuk mempermudah penanganan khusus jika memang diperlukan saat si buah hati lahir.

Baca juga: Tips mengatasi biduran pada anak

Menjaga kadar gula darah

Mengontrol kadar gula darah ibu hamil yang mengalami diabetes adalah langkah terbaik untuk menghindari komplikasi diabetes selama masa kehamilan. Para ahli memberikan penekanan khusus pada masalah ini karena sangat penting untuk keselamatan ibu dan si janin. Kadar gula darah di angka aman dapat:

1. Menurunkan resiko kelahiran prematur. Pada kasus-kasus kehamilan dengan diabetes, menunjukan semakin baik pengelolaan kadar gula, semakin rendah resiko kelahiran prematur.

2. Menurunkan resiko keguguran. Hal ini termasuk menurunkan resiko angka kematian janin saat kelahiran. Keguguran dan kematian janin saat melahirkan adalah ancaman untama pada kehamilan yang disertai dengan kondisi diabetes.

3. Menurunkan resiko cacat lahir. Menjaga kadar gula darah ibu hamil di angka aman dapat menurunkan resiko cacat lahir pada si buah hati terutama cacat yang berdampak dibagian otak, jantung, dan tulang belakang.

4. Menurunkan resiko komplikasi pada ibu hamil. Pengelolaan gula darah yang baik pada ibu hamil dapat menurunkan resiko ibu hamil terkena komplikasi kehamilan seperti tekanan darah tinggi, preeclampsia dan komplikasi kehamilan akut lainya.

5. Menjaga berat badan normal janin. Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh ibu hamil dapat menyebabkan terserapnya glukosa oleh si janin melalui plasenta. Kondisi ini memicu organ pancreas si janin untuk memproduksi lebih banyak insulin sehingga berdampak pada pertumbuhan badan janin yang terlalu besar. Badan janin yang terlalu besar akan lebih sulit dikeluarkan secara normal selama proses persalinan.

Baca juga: Info penting seputar eksim pada anak

6. Menghindari komplikasi pada bayi. Dalam beberapa kasus, bayi yang terlahir dari ibu yang mengidap diabetes mengalami hypoglycemia, atau kadar gula rendah, sesaat setelah kelahiran. Hal ini disebabkan si bayi memproduksi insulin diatas angka normal. Pengendalian kadar gula darah yang tepat dapat mengembalikan gula darah dalam tubuh si kecil keangka normal. Kadar gula darah yang ideal dapat menghindarkan si kecil dari kondisi kuning setelah kelahiran.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru