09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips menghindari mimisan selama masa kehamilan

KategoriKehamilan
Di lihat3840 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengatasi mimisan pada ibu hamil

Menurut situs babycencter.com, mimisan atau hidung berdarah cenderung lebih sering terjadi selama masa kehamilan. Saat bunda mengandung, pembuluh darah di daerah hidung bagian dalam melebar dan peningkatan volume darah menambah tekanan pada pembuluh darah berdinding tipis tersebut. Kondisi ini menyebabkan semakin mudahnya pembuluh darah pecah mengakibatkan mimisan. Para ahli mengkategorikan sebagian besar mimisan sebagai kondisi ringan yang tidak perlu terlalu dirisaukan.

Baca juga: 5 Tips membangun kedekatan bunda-bayi

Resiko mimisan pada ibu hamil semakin meningkat terutama saat mereka mengalami pilek, infeksi sinus, alergi, atau kondisi yang membuat saluran hidung bagian dalam kering, misalnya saat berada di ruangan berpendingin AC, saat udara panas, atau saat dalam kabin pesawat berpendingin. Selain kondisi eksternal tersebut, kondisi internal seperti tekanan darah tinggi dan gangguan pada proses pembekuan darah juga dapat memicu mimisan pada ibu hamil.

Menghentikan mimisan pada ibu hamil

Saat hidung bunda mulai mengeluarkan darah, tetap tenang dan coba untuk duduk dan posisikan kepala lebih tinggi dari jantung (jangan berbaring), kemudian tekan hidung dengan ibu jari dan telunjuk selama selama 5 sampai 10 menit. Pijit dengan lembut bagian hidung dan berikan sedikit tekanan kearah wajah. Jangan buka hidung sebelum waktu yang disarankan karena dapat mengganggu proses pembekuan darah.

Bunda juga dapat menggunakan kantong es untuk mempercepat penghentian darah. Gunakan tangan yang satunya untuk memposisikan kantong es dibagian atas hidung. Jangan berbaring atau menengadahkan kepala, jika tidak, darah dapat mengalir ke tenggorokan. Beberpapa orang akan merasa mual atau bahkan muntah saat darah masuk ke tenggorokanya.

Baca juga: Hati-hati, penyebab konstipasi pada bayi

Jika darah masih mengalir setelah 10 menit buda memijit hidung, lakukan untuk 10 menit berikutnya, selama pendarahan tidak semakin hebat. Jika pendarahan tidak berhenti dalam waktu 20 menit, segera temui dokter untuk mendapat pemeriksaan lanjut.

Biasanya dokter akan menanyakan apakan bunda mengalami trauma atau benturan di daerah kepala. Sampaikan kepada dokter seberapa sering dan lama biasanya bunda mengalami mimisan.

Tips menghindari mimisan selama kehamilan

Berikut adalah beberapa tindakan sederhana untuk menghindarkan bunda hamil dari resiko mimisan.

1. Jika bunda sedang pilek dan bermasud mengelurkan ingus, tiupkan bagian hidung dengan perlahan. Meniupkan udara kebagian ronggga hidung dengan keras dan tiba-tiba dapat memicu terjadinya mimisan.

2. Minum banyak cairan terutama air putih untuk memastikan semua membran mukosa terutama yang terdapat dibagian hidung bagian dalam, tetap lembab.

3. Biasakan untuk sedikit membuka mulut saat bersin

4. Jaga agar udara sekitar tidak terlalu kering. Hindari berlama-lama diruangan ber AC, atau bunda dapat menggunakan alat untuk meningkatkan kelembapan udara.

Baca juga: Mencegah bayi cacingan

5. Bunda dapat menggunakan uap dari air panas atau larutan saline dalam bentuk nasal spray untuk melembabkan saluran hidung bagian dalam.

6. Hindari penggunaan obat-obatan melalui nasal spray atau pereda hidung mampet karena dalam jangka panjang dapat mengiritasi hidung bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru