09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips penting seputar sarapan pagi agar si kecil aktif sepanjang hari

KategoriNutrisi
Di lihat1122 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips agar si kecil sarapan pagi setap hari

Sarapan pagi yang dibuat bunda untuk si kecil ternyata sangat penting agar mereka beraktifitas maksimal seharian. Pendapat ini juga dikuatkan oleh hasil beberapa penelitian yang menyatakan bahwa sarapan pagi dengan makanan sehat bernutrisi, berpengaruh signifikan terhadap kesehatan si kecil terutama dalam hal:

a. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian termasuk vitamin dan mineral.
b. Meningkatkan kemampuan berfikir dan konsentrasi selama bermain dan belajar.
c. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

Anak-anak yang memulai harinya dengan sarapan sehat, terbukti menunjukan semangat, konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, dan koordinasi mata-tangan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan pagi.

(Baca juga: 16 Jenis nutrisi yang wajib ada dalam makanan si kecil)

Tips sarapan pagi sehat untuk si buah hati

1. Mengandung protein yang cukup. Seringkali jenis nutrisi yang satu ini terlupakan saat sarapan pagi. Pastikan si kecil mendapatkan asupan protein cukup, karena protein dapat membantu si kecil tetap bertenaga dan fokus sampai jam makan siang tiba. Pilihan jenis makanan seperti telur, daging ayam, daging sapi, keju, susu, yogurt, ikan, tahu, dan tempe adalah alternatif yang baik sebagai sumber protein.

2. Pilih sumber karbohidrat yang tepat. Sangat disarankan untuk memberikan sumber karbohidrat terbaik bagi si kecil. Karbohidrat akan dirubah menjadi energi dengan cepat sebagai sumber tenaga si kecil selama beraktifitas di pagi sampai menjelang siang. Roti, nasi, atau kentang adalah makanan sumber karbohidrat yang dapat dipilih. Alternatif lain yang lebih baik adalah sereal dari biji-bijian utuh seperti oatmeal, karena selain mengandung karbohidrat, makanan ini juga kaya dengan serat, vitamin, dan mineral.

3 Buah dan sayuran segar. Berikan buah dan sayur segar saat sarapan pagi si kecil untuk melengkapi variasi nutrisi mereka. Pisang, kiwi, jeruk manis, apel, mangga, melon, dan pepaya adalah beberapa jenis buah-buahan yang dapat dipilih untuk menemani sarapan pagi mereka. Khusus untuk sayur, bunda dapat memilih bayam, wortel, brokoli, sawi, atau asparagus.

(Baca juga: 3 Resep jus buah dan sayur penambah berat badan balita bunda)

Tips agar si kecil sarapan pagi setap hari

Tidak mudah memang, menyiapkan sarapan pagi setiap hari terutama jika ayah bunda bekerja. Beberapa tips yang dapat dilakukan agar si buah hati, termasuk ayah bunda, sarapan setiap pagi:

1. Siapkan bahan sebelumnya. Untuk menghemat waktu, bunda dapat menyiapkan bahan untuk sarapn pagi sehabis makan malam. Siapkan alat makan, atau bahan-bahan mentah untuk sarapan pagi masih ada.

2. Buat sarapan sederhana. Sarapan sehat tak harus rumit, sepotong roti dengan selai kacang, pisang dan segelas susu atau sereal dengan susu, dan sepotong pepaya juga cukup memenuhi kebutuhan nutrisi sehat si kecil.

(Baca juga: 8 Tips jitu menyiasati si kecil yang susah makan)

3. Sarapan pagi di jalan. Faktor kesibukan bukan alasan untuk tidak sarapan pagi. Jika tidak sempat sarapan dirumah, siapkan sarapan si kecil untuk di makan di mobil saat menuju ke play group. Pisang, roti selai, dan sekotak susu cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi si buah hati hingga waktu makan siang datang.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru