09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips pola makan sehat bagi bunda dan si janin

KategoriKehamilan
Di lihat320 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

6 tips seputar pola makan ibu hamil

Kehamilan adalah tahap yang pasti dinanti-nantikan oleh ayah bunda. Selama masa kehamilan, bunda harus fokus dengan hal-hal yang memastikan si janin dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna, termasuk dengan memperhatikan makanan yang diasup. Hal ini sangat penting mengingat saat hamil, makanan yang bunda makan bukan hanya untuk bunda saja, namun juga untuk si kecil.

Baca juga: Tanda-tanda bayi mengalami dehidrasi

Berikut adalah panduan singkat seputar pengaturan nutrisi yang bunda konsumsi sebelum dan selama kehamilan.

1. Nutrisi sebelum kehamilan datang. Bila bunda berencana untuk hamil, adalah baik untuk mempersiapkan tubuh bunda untuk menerima calon buah hati dengan cara memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi. Para ahli berpendapat bahwa mulai menjaga asupan nutrisi sebelum kehamilan sangatlah penting, katena akan menyediakan energi lebih bagi bunda dan nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

2. Perbanyak asupan folat. Folat sangat penting bagi bunda dan janin selama masa kehamilan. para ahli mengungkap pentingnya folat terutama untuk mencegah cacat lahir. Karena itu, para ibu dianjurkan mengkonsumsi suplemen folat 3 bulan sebelum kehamilan.

3. Hentikan kebiasaan buruk. Hentikan kebiasaan-kebiasaan seperti merokok atau minum kopi. Segala yang kita makan akan kita bagi dengan si kecil di dalam kandungan, termasuk kafein dan nikotin dari asap rokok. Perbanyak konsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan protein, vitamin dan mineral terutama zat besi dan kalsium.

Baca juga: Penyebab rambut pitak pada bayi

4. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi. Bila bunda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan memutuskan untuk hamil atau mengetahui bahwa sedang hamil, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi. Dokter akan memberikan panduan jenis obat mana saja yang boleh dikonsumsi bunda. Dokter juga mungkin akan mengubah dosisnya sehingga lebih aman dikonsumsi selama kehamilan.

5. Menjaga pola makan sehat. Selain memperbanyak asupan folat, menghindari kafein, nikotin, serta memperhatikan obat-obatan, bunda juga perlu memperhatikan pola makan selama kehamilan tetap sehat dan seimbang. Caranya, selalu lakukan perencanaan menu tiap minggunya dan pastikan menu tersebut sudah mencakup makanan-makanan yang sehat dan penting selama masa kehamilan. Misalnya, rencanakan menu untuk 7 hari ke depan, kemudian periksalah apaka susunan menu tersebut sudah mengandung sejumlah buah-buahan, sayuran, serta daging, ikan, ataupun sumber nutrisi non-hewan dalam julah yang dianjurkan.

Baca juga: Perbedaan antara intoleransi dan alergi makanan

6. Tambah asupan berkalori. Konsumsilah makanan berkalori untuk meningkatkan jumlah energi yang bunda butuhkan selama kehamilan. Roti keju, buah-buahan, yogurth, dan roti menyediakan kalori yang cukup bagi bunda. Menurut saran para ahli, bunda belum perlu menambah makanan berkalori pada trimester awal selama kehamilan. Pada trimester kedua, bunda perlu menambah konsumsi kalori sebanyak 1400 kilojoule setiap harinya untuk menyediakan energi yang cukup bagi tubuh. Sedangkan pada trimester ketiga bunda perlu menambah konsumsi kalori sebanyak 1800 kilojoule setiap harinya. Dalam masa menyusui, bunda juga memerlukan energi tambahan. Karena itu, tambah konsumsi kalori sebanyak 1900 kilojoule.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru