09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips sederhana agar si kecil tidur nyeyak sepanjang malam

KategoriPrilaku
Di lihat3234 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara sederhana agar si kecil nyenyak tidur

Terkadang si buah hati mengalami gangguan tidur seperti sering terbangun atau menangis dimalam hari, atau mengalami kesulitan untuk tidur. Gangguan ringan tersebut dapat terjadi saat ritme biologis si kecil terganggu. Ayah bunda tidak perlu panic jika si buah hati mengalami konsisi tersebut. Sebelum memutuskan menemui dokter, cobalah beberapa cara sederhana berikut ini agar si kecil tidur lelap sepanjang malam.

1. Batasi waktu bermain. Terkadang tidak mudah menghentikan waktu bermain si kecil saat jam tidur mulai datang. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli tumbuh kembang anak di Amerika Serikat, mengungkap bermain di satujam sebelum jadwal tidur si buah  hati dapat memicu gangguan waktu tidur. Saran para ahli, pastikan si kecil menghentikan aktifitas bermainnya beberapa jam sebelum jam tidurnya.

Baca juga: Penyebab nafas tak sedap pada balita

2. Pastikan tempat tidurnya nyaman. Sikecil dapat mengalami kesulitan tidur saat mereka merasa tidak nyaman dengan tempat tidurnya. Mungkin karena bunda menggunakan bahan kain seprei yang panas, atau ada binatang yang menyebabkan si kecil gatal-gatal. Pastikan kain seprai dan sarung bantal di ganti secara rutin utuk menjaga kenyamanan tidur mereka.

3. Cemilan sebelum tidur. Beberapa pakar berpendapat, memberikan cemilan sebelum jam tidur termasuk roti dengan selai kacang, sereal, atau segelas susu hangat, dapat memicu rasa kantuk si kecil. Beberpapa jenis makanan lain yang dapat dipilih diantaranya adalah telur, keju, pisang, ikan tuna, dan yogurt.

Baca juga: Tips jitu mengatasi anak yang susah makan

4. Cabut sambungan listrik. Beberapa pakar berpendapat medan listrik yang bersumber dari peralatan elektronik seperti televisi, handpone, dan barang lainya dapat menganggu produksi hormone melatonin yang menyebabkan kantuk. Meski hal ini belum didukung oleh riset, tidak ada salahnya mematikan aliran listrik atau menempatkan barang elektronik tersebut jauh dari tempat tidur si buah hati.

5. Matikan atau redupkan lampu. Suasana ruangan yang redup atau gelap dipercaya para ahli mampu mengoptimalkan produksi hormon tidur. Jika si buah hati tidak biasa tidur di ruangan gelap, letakan lampu tidur yang tidak terlalu terang di kamarnya.

Baca juga: Mengatasi sembelit si kecil tanpa obat kimia

6. Ritual menjelang tidur. Buat suasana rutin yang menyenangkan saat menjelang tidur seperti membacakan cerita, memberikan peluk dan cium pada si kecil. Aktifitas-aktifitas sederhana tersebut dapat membuat si kecil menjadi lebih releks dan tenang sehingga tidur mereka menjadi lebih berkualitas.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru