09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips untuk Bunda agar si kecil suka makan sayur mayur

KategoriParenting
Di lihat2657 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

tips agar anak mau makan sayur

Anggapan bahwa sayuran identik dengan rasa yang kurang enak jelas itu tidak benar. Jika si kecil pilih-pilih makanan serta tidak mau makan sayur, para ahli berpendapat bahwa itu disebabkan karena sejak kecil mereka tidak dibiasakan makan sayur. Jadi terkadang pola makan erat kaitanya dengan kebiasaan yang dibangun ayah bunda terutama saat mereka mulai mengkonsumsi makanan semi padat.

Baca juga: 5 Jenis makanan ber-Omega-3 tingggi

Jadi bagi ayah bunda yang mempunyai bayi yang mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI, ini adalah saat yang tepat untuk mengenalkan sebanyak-banyaknya jenis makanan pada lidah si kecil termasuk beragam jenis sayuran, agar saar mereka bertambah usia mereka tidak menjadi anak yang pilih-pilih jenis makanan. Lantas apa yang harus dilakukan jika si kecil terlanjur menolak segala jenis sayuran? Berikt adalah tips yang bisa ayah bunda coba:

1. Jadi teladan yang baik. Mungkin ini tampak klise tapi memang begitulah adanya. Memberikan contoh yang baik adalah saran bijak agak si kecil terbiasa makan sayuran. Bagaimana si buah hati mau makan sayur kalau ayah bunda sendiri juga tidak makan sayuran. Ingat si kecil akan melihat dan cenderung meniru dari orang terdekat mereka.

Baca juga: 7 Jenis sumber cairan terbaik untuk balita

2. Konsisten menyajikan sayuran. Ya betul, jangan gampang menyerah Bunda, jika si kecil menolak makan sayur, sajikan dalam menu makan harianya secara konsisten namun dengan porsi bertahap. Mulai dengan porsi kecil kemudian tingkatkan jumlahnya jika mereka mulai menerima. Rata-rata dibutuhkan setidaknya 12 kali makan bagi si kecil agar lidah merekat terbiasa dengan rasa makanan baru.

3. Variasikan masakan. Ini sangat penting bunda, si kecil bisa sangat sensitif dengan rasa. Saat mereka menolak jenis sayur tertentu mungkin mereka mulai bosan dengan rasanya, jadi upayakan untuk membuat variasi masakan sayur dalam menu harian mereka agar si kecil tidak bosan.

4. Jus sayuran. Alternatif lain dalam memberikan si kecil sayuran adalah dalam bentuk jus. Memang tidak semua sayuran cocok dijadikan jus. Wortel, brokoli, dan tomat adalah tiga diantara beberapa jenis sayuran yang bisa bunda berikan pada si kecil dalam bentuk jus. Untuk menambah selera si kecil bunda bisa mengkombinasikan sayur dan buah sebagai bahan jus, atau menambahkan sedikit madu agar lebih enak.

Baca juga: 3 Resep jus sayur dan buah untuk balita

5. Ceritakan manfaat sayuran. Untuk memotivasi si kecil, bisa juga bunda menceritakan manfaat sayuran tentu dengan bahasa yang bisa difahami mereka. Bunda dapat memanfaatkan karakter atau tokoh yang mereka sukai.

6. Jangan menyerah. Yang penting diantara semuanya adalah tetap konsisten dan jangan menyerah bunda, terus berikan yang terbaik untuk mereka. Disisi lain juga harus proporsional, selain sayuran ada jenis sumber nutrisi lainya yang harus dikonsumsi si kecil agar mereka tumbuh sehat dan cerdas.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru