09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

6 Tips untuk para ayah pasca kelahiran si kecil

KategoriParenting
Di lihat612 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Berikut adalah beberapa hal yang harus difahami oleh para ayah sesaat setelah bunda melewati proses persalinan si buah hati

Setelah melalui 9 bulan masa kehamilan, kelahiran si buah hati menjadi saat yang membahagiakan, baik bagi bagi bunda maupun ayah. Sebagaimana bunda, ayah juga akan merasakan asyiknya – dan sulitnya menjalani tugas baru sebagai orang tua. Akan tetapi, berbagai tanggung jawab baru juga bisa melelahkan, bahkan menimbulkan depresi. Tak heran, baby blues bahkan depresi pasca-kelahiran juga bisa terjadi pada para ayah, meskipun jumlahnya tak sebanyak para ibu.

Baca juga: 5 Tanda si kecil mengalami keterlambatan bicara

Karena itu, para ayah harus lebih kuat dan siap menghadapi berbagai perubahan pasca kelahiran si buah hati. Dibutuhkan kesabaran yang besar, manajemen emosi yang baik, dan kemampuan menikmati setiap perubahan sebagai sebuah keasyikan tersendiri. Untuk menghadapi masa penyesuaian tersebut berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu.

Tips buat ayah setelah persalinan bunda

Pertama, ubah cara pandang kita tentang bagaimana seharusnya hidup yang “normal”. Adalah wajar bila kita ingin kembali ke keseharian yang menurut kita “normal” setelah 9 bulan melewati masa yang melelahkan, yaitu proses kehamilan. Akan tetapi, adalah penting untuk menyesuaikan pola pikir dengan berbagai perubahan yang terjadi. Mungkin terdengar kejam, namun jangan berharap akan kembali ke kehidupan lama, karena kini kita menjalani peran baru dalam hidup, yaitu menjadi seorang ayah. Jalani saja seperti air mengalir dan jangan melawan. Kemampuan kita untuk memanajemen pola pikir akan membantu kita menikmati peran baru dan juga akan menularkan aura positif ke sekitar.

Kedua, siapkan diri untuk kurang tidur. Bayi yang baru lahir tidak memiliki kebiasaan tidur yang sama dengan orang dewasa. Seringkali, mereka terbangun di tengah malam karena lapar, kepanasan, atau terganggu dengan popok yang kotor. Siap-siap saja, tidur malam ayah pasti sering terganggu. Akan tetapi, ingatlah bahwa bukan hanya ayah mengalaminya. Meskipun masih membutuhkan pemulihan pasca melahirkan, bunda juga terpaksa bangun setiap malam karena tangisan si kecil.

Baca juga: Tips mendisiplinkan si kecil tanpa bentakan

Ketiga, lakukan tugas-tugas di rumah untuk membantu istri, misalnya mencuci pakaian bayi. Di siang hari, bantulah ia merawat si kecil supaya ia bisa tidur sejenak. Terutama bila bunda menyusui, energinya akan terkuras sehingga lebih cepat merasa lelah sehingga bantuan ayah sangat dibutuhkan. Bila perlu, sisihkan uang untuk memperkerjakan asisten rumah tangga di rumah. Lakukan juga hal-hal kecil seperti membawakan camilan dan minuman ketika bunda sedang menyusui. Perhatian kecil semacam ini akan memebantu bunda merasa lebih kuat.

Keempat,  waspadai tanda-tanda depresi yang bisa terjadi pada wanita yang baru melahirkan. Baby blues memang wajar terjadi pada minggu awal setelah persalinan, namun bila gejala baby blues berlanjut hingga waktu yang lama, mungkin ini adalah gejala depresi. Tanda-tanda depresi antara lain sering menangis, perasaan menjadi sangat sensitif, dan mengalami insomnia (bukan terbangun di malam hari akibat tangisan si kecil). Jangan mengabaikan gejala depresi karena si ibu mengatakan ia baik-baik saja. Penderita depresi pasca-persalinan bisa jadi tidak menyadari bahwa dirinya membutuhkan pertolongan. Ajaklah ia berkonsultasi dengan ahli bila tanda-tanda depresi muncul.

Kelima, jangan khawatir bila belum bisa melakukan tugas-tugas untuk mengasuh si kecil dengan baik. Semua orang belajar melakukan tugas-tugas tersebut. Jadi, jangan ragu untuk membantu bunda mengganti popok, menimang si kecil, atau menepuk-nepuk punggung si kecil sehabis menyusui. Tetaplah percaya diri, segala yang ayah lakukan sekarang akan menjadi kenangan yang bisa diceritakan kepada si kecil ketika ia sudah besar.

Baca juga: 7 Cara mendorong kemandirian si buah hati

Keenam, depresi pasca persalinan juga bisa terjadi pada para ayah, karena itu jangan ragu untuk berbagi perasaan dengan pasangan, keluarga, atau bahkan dokter. Paternal Postnatal Depression (PPND) atau depresi pasca kelahiran yang menyerang ayah bisa terjadi karena perasaan diabaikan atau kekhawatiran terhadap berbagai tanggung jawab baru setelah buah hati lahir. Jaga selalu kesehatan tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan istirahat kapan pun ada kesempatan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru