09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Aktivitas outdoor untuk mengasah skil motorik balita bunda

KategoriKebugaran
Di lihat1092 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

7 Aktivitas outdoor untuk mengasah skil motorik balita bunda

Masa balita adalah tahap dimana si kecil sedang aktif-aktifnya bergerak, mereka megesplor, dan selalu ingin tahu dengan lingkungan sekitar. Di tahap ini mereka akan mengembangkan dan mempertajam beragam kemampuan dasar termasuk diantaranya kemampuan kognitif atau kecerdasan, kemampuan emosional, kemampuan sosial, dan kemampuan motorik. Skil-skin tersebut sangat diperlukan agar mereka dapat melakukan peran-peran mendasar sebagai manusia seutuhnya.

Baca juga: Gejala overdosis parasetamol pada balita

Kemampuan motorik kasar mereka dapat dilatih dengan aktifitas bermain yang melibatkan gerakan memanjat, melompat, menangkap, dan berlari. Tujuan utama dari aktifitas tersebut adalah mengasah agar mereka dapat bergerak lancar dan terkoordinasi. Berikut adalah beberapa aktifitas menyenangkan untuk mendorong mereka bergerak sekaligus mengasah kemampuan motorik kasar mereka:

1. Bermain bola. Manfaatkan bola untuk bermain lempar tangkap. Aktifitas tersebut bagus untuk melatih koordinasi mata dan gerak tangan. Posisikan si kecil dengan jarak 2-3 meter didepan ayah bunda kemudian beri aba-aba pada si kecil untuk menangkap bola yang dilemparkan. Khusus si kecil dibawah 2 tahun fokuskan permainan pada aktifitas meraih dan memegang bola.

2. Mengejar gelembung sabun. Saat gelembung sabun di tiup, minta si kecil untuk mengejar dan memecahkan gelembung menggunakan tangan mereka. Aktifitas mengejar dan menangkap gelembung dapat mengasah kemampuan untuk fokus, menjaga keseimbangan tubuh, dan koordinasi gerak anggota tubuh mereka.

Baca juga: 6 Aktifitas murah meriah untuk si kecil

3. Berguling di rumput. Bagi si kecil, berguling di rumput tak hanya menyenangkan, aktifitas sederhana ini mampu mengasah skil motorik kasar mereka. Mereka berlatih untuk menyelaraskan antara perintah otak dengan gerak tubuhnya. Saat mereka bermain, pastikan lapangan rumputnya aman dari benda berbahaya. Aktifitas tersebut dapat pula dilakukan secara indoor diatas kasur atau matras misalnya.

4 Berjalan diatas garis lurus. Saat si kecil bermain di taman, minta dia untuk berjalan mengikuti pola garis lurus pada pembatas jalan di taman tanpa keluar garis. Aktifitas ini dapat di modifikasi misalnya dengan meminta si kecil berjalan di atas tembok pembatas jalan yang rendah. Saat si kecil berusaha untuk tetap berjalan dalam garis, mereka berlatih mengasah kesetimbangan dan koordinasi gerak anggota tubuhnya.

5. Menari. Aktifitas ini selain menyenangkan bagi sibuah hati ternyata bagus untuk melatih kemampuan motorik mereka. Saat mereka melakukan gerak tarian, mereka berlatih mengatur keseimbangan tubuh serta pada saat yang sama mengasah koordinasi otak dan gerak anggota tubuh mereka.

Baca juga: Penyebab ketombe pada balita

6.Memanjat. Gerakan memanjat pada pohon, tangga dirumah, atau tali di arena bermain dapat melatih keselarasan gerak tangan, kaki, dan anggota tubuh si kecil. Disamping itu aktifitas memanjat dapat melatih kekuatan otot-otot gerak mereka. Jangan lupa untuk mendampingi si kecil agar keselamatanya terjaga ya bunda.

7. Bermain sepeda. Jika sudah memungkinkan, ajak si kecil bermain sepeda roda tiga di halaman rumah. Aktifitas mengayuh dan mengarahkan kemudi sepeda mampu mempertajam kemampuan koordinasi gerak tangan dan kaki si buah hati.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru