09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Alternatif cemilan sehat untuk bunda yang sedang hamil

KategoriKehamilan
Di lihat10262 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

rekomendasi cemilan sehat untuk ibu hamil

Dengan semakin berkembangnya teknologi pengolahan pangan, semakin banyak pula variasi makanan yang bisa dengan mudah diperoleh dipasaran, sayangnya tidak semua jenis makanan tersebut sehat untuk dikonsumsi terutama oleh kelompok ibu hamil. Makanan dengan kandungan pengawet, pewarna, dan kadar gula yang tinggi sudah seharusnya dicoret dari daftar menu harian keluarga terutama bagi bunda yang sedang mengandung.

Baca juga: 6 efek negatif gula berlebih pada anak

Diantara jenis makanan yang dapat dibeli, ada jenis-jenis makanan siap saji yang bisa dikonsumsi ibu hamil, khususnya saat bumil ingin ngemil sebelum jam makan berat datang. Berikut adalah tujuh jenis bahan makanan yang dapat bunda coba, ketujuh cemilan tersebut direkomendasikan oleh Elizabet Somer, seorang pakar nutrisi dari Asosiasi Diet di Amerika Serikat.

Cemilan sehat untuk ibu hamil

1. Buah-buahan. Pisang, apel, jeruk manis, dan buah pir adalah jenis buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil. Selain kandungan seratnya yang tinggi, buah-buahan tersebut juga kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan. Bunda yang sedang hamil dapat memilih jenis buah yang disukai untuk dimasukan kedalam menu harian, baik dalam bentuk jus atau salad selain memakanya secara langsung.

2. Yogurt. Tak hanya kaya akan kandungan asam amino, yogurt juga kaya akan kandungan kalsium yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian bunda. Disamping itu, yogurt juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Beberapa merek yogurt bahkan mengandung probiotik yaitu bakteri ‘baik’ yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan bunda.

3. Kismis. Jenis buah kering ini terkenal akan kandungan serat, kalium, dan zat besinya. Bunda dapat mencampurkan kismis kedalam berbagai jenis olahan, ataupun memakanya langsung sebagai cemilan diantara waktu makan.

Baca juga: 7 Jenis makanan berserat tinggi untuk si kecil

4. Sayuran. Elizabet Somer merekomendasikan bunda yang sedang menngandung untuk mengkonsumsi jenis sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli. Disamping itu, wortel, tomat, mentimun, dan kacang-kacangan juga bagus untuk dikonsumsi bunda. Selain kaya akan kandungan serat dan vitamin, beberapa jenis bahan makanan ini mengandung protein nabati yang tidak kalah manfaatnya dari protein hewani.

5. Keju. Jenis makanan olahan susu ini terkenal akan kandungan kalsium dan proteinya. Keju jenis mozzarella atau cedar adalah dua diantara sekian banyak jenis keju yang dapat bunda pilih. Sebagai camilan, bunda dapat memakan langsung keju cedar, atau dikombinasikan dengan makanan lain.

6. Sereal gandum utuh. Sereal gandum utuh dan susu adalah kombinasi yang cocok sebagai sarapan pagi atau cemilan bunda yang sedang mengandung. Sereal jenis ini dikategorikan sebagai jenis makanan ber-Glycemix Index rendah, yang didalam tubuh di konversi menjadi gula secara bertahap. Dampaknya bunda akan merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Apa kata ahli tentang daging ikan untuk si kecil?

7. Cemilan kombinasi. Bunda dapat membuat campuran beberapa jenis makanan diatas sebagai cemilan sehat sebelum makan. Buah dan yoghurt, salad sayur dan keju, atau sereal susu dan kismis adalah beberapa alternatif tepat sebagai snack sehat bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru