09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Fakta dan mitos seputar kelahiran anak kembar

KategoriBayi
Di lihat4239 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

fakta dan mitos seputar bayi kembar

Di masyarakat, banyak berkembang rumor mengenai kelahiran bayi kembar. Berikut adalah beberapa rumor yang populer tentang bayi kembar dan penjelasan tentangnya bila ditinjau dari sudut pandang medis.

1. Kembar identik merupakan kecenderungan yang diwariskan [Mitos]

Pernyataan tersebut tidak terbukti secara ilmiah. Kembar identik terbentuk dari 1 sel telur yang kemudian terbentuk menjadi 2 janin. Hal ini bisa terjadi secara spontan tanpa dipengaruhi faktor genetik. Yang benar, kecenderungan kembar fraternallah yang diwariskan lewat gen. Kembar fraternal adalah kembar yang terjadi karena ovarium mengeluarkan lebih dari 1 sel telur secara bersamaan. Kecenderungan perilaku ovarium inilah yang dapat diwariskan secara genetis.

Baca juga: 5 Aspek nutrisi pembentuk kecerdasan si kecil

2. Kembar fraternal terjadi setiap 2 generasi [Mitos]

Kembar fraternal adalah kecenderungan yang diwariskan, namun belum ada yang bisa membuktikan bahwa ia terjadi setiap 2 generasi. Bila ayah atau bunda mempunyai sodara kembar, terdapat kemungkinan  juga bahwa ayah bunda bisa memiliki anak kembar.

3. Bayi kembar identik memiliki susunan DNA yang identik juga [Mitos]

Bayi yang kembar identik memiliki susunan DNA yang nyaris sama, karena mereka berasal dari 1 sel telur dan 1 sel sperma yang sama. Akan tetapi, beberapa peneliti menemukan bahwa ada bayi kembar identik yang membawa gen penyakit yang tidak dimiliki kembarannya. Bayi kembar identik juga terkadang memiliki tanda lahir yang tidak dimiliki saudara kembarnya. Karena itu, kembar identik tidak berarti susunan DNA yang identik juga.

4. Bayi kembar identik memiliki sidik jari yang sama [Mitos]

Kembar identik tidak berarti mereka akan memiliki sidik jari yang sama. Sidik jari terbentuk dari kontak bayi dengan cairan ketuban, tali pusar, dan bayi kembarannya di dalam kandungan. Sidik jari terbentuk karena faktor lingkungan selama di dalam kandungan dan bukan karena faktor gen.

Baca juga: Tips mengatasi luka bakar pada anak

5. Hewan bisa membedakan anak kembar identik walaupun orang lain tidak bisa  [Fakta]

Sebuah penelitian membuktikan bahwa anjing polisi yang terlatih mampu membedakan dua orang kembar identik. Anak kembar tersebut tinggal di tempat yang sama sehingga diasumsikan terekspos bau-bauan yang sama. Akan tetapi, belum ada penelitian yang mampu menjelaskan penyebabnya.

6. Anak kembar memiliki “indera ke-6” [Mungkin terjadi]

Belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenaran pernyataan di atas. Akan tetapi, terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa terkadang seorang anak kembar bisa merasakan bila saudara kembarnya berada dalam masalah, sekalipun mereka berada di tempat yang berjauhan. Anak kembar juga terkadang memiliki bahasa tersendiri yang hanya dimengerti kembarannya. Keunikan ini belum terbukti secara ilmiah, namun sering kita temui di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Vitamin dan mineral untuk bayi

7. Ibu yang melahirkan anak kembar hidup lebih lama daripada yang tidak [Fakta]

Penelitian mengungkap bahwa ibu yang pernah hamil dan melahirkan anak kembar melalui proses yang natural, memiliki resiko kematian yang lebih rendah setiap tahun setelah ia berusia 50 tahun dibanding ibu yang tidak memiliki anak kembar. Para peneliti percaya bahwa tingkat kesehatan yang tinggi dari seorang wanitalah yang memungkinkan ia hamil dan melahirkan anak kembar.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru