09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Hal yang perlu diwaspadai saat hamil di usia tua

KategoriKehamilan
Di lihat967 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

resiko kehamilan di usia 40 tahun keatas

Meski kehamilan lebih sulit terjadi saat usia ibu semakin tua, namun bukan berarti ibu yang hamil pada usia tersebut akan mengalami masalah. Mungkin, bunda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kandungan lebih sering untuk memonitor kesehatan bunda dan si janin.

Mungkin saja resiko dan masalah kesehatan selama kehamilan akan meningkat, namun hal ini bukanlah masalah. Selama bunda memperoleh perawatan medis yang tepat, kehamilan di usia lebih tua, misalnya 35, 40, atau 43 tahun dapat berjalan dengan lancar sampai masa persalinan.

Baca juga: Sumber protein nabati untuk anak

Berikut adalah beberapa resiko masalah yang perlu diperhatikan bila bunda hamil di usia yang lebih tua.

1. Diabetes Gestasional. Secara umum, resiko bunda mengalami diabetes selama kehamilan adalah 2%. Namun, angka ini bisa meningkat bila bunda hamil di usia lebih tua. Hal ini mungkin karena pankreas tidak menghasilkan cukup insulin utnuk melawan hormon kehamilan pada usia tersebut. Diabetes dapat dikontrol dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga, namun terkadang obat-obatan dibutuhkan untuk mengatasinya.

2. Tekanan darah tinggi dan preeclampsia. Karena wanita yang hamil pada usia yang lebih tua lebih beresiko menderita hipertensi gestasional, tenaga medis akan memeriksa tekanan darah bunda dengan lebih ketat. Pada beberapa kasus, bunda mungkin akan dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah. Pada sekitar 7% kehamilan, tekanan darah yang tinggi merupakan tanda preeclampsia. Gejala preeclmpsia antara lain adalah tekanan darah yang tinggi, retensi cairan yang signifikan (oedema), dan adanya protein dalam urin. Bila dibiarkan, preeclampsia bisa menyebabkan disfungsi biokimia yang bisa berakibat fatal. Namun, penyakit ini hanya terjadi pada 1 dari 300 wanita hamil dan tidak terjadi pada kebanyakan ibu.

Baca juga: Sebagai pemanis, pilih madu atau gula?

3. Kanker payudara. Semakin tua, resiko wanita mengalami kanker payudara meningkat, dan ketika hamil menjadi lebih sulit untuk mendiagnosa adanya tumor. Mammogram biasanya tidak digunakan ketika bunda sedang hamil. Bila bunda mendeteksi adanya benjolan pada payudara, mungkin dokter akan menyarankan anda untuk USG dan pergi ke spesialis payudara. Dalam kebanyakan kasus, benjolan tersebut adalah tubuhnya kelenjar karena pembengkakan alami selama kehamilan. Pada kasus yang lebih jarang ketika benjolan tersebut ternyata adalah tumor, pengobatan akan ditunda hingga bayi lahir.

4. Kelainan kromosom. Wanita dengan usia yang lebih tua memiliki sel telur yang lebih tua pula. Hal ini meningkatkan resiko kelainan kromosom pada bay, terutama down syndrome. Bunda mungkin disarankan melakukan skrining prenatal, misalnya chorionic villus dan amniosentesis.

5. Placenta previa. Placenta previa adalah kondisi dimana janin menempel pada bagian bawah uterus sehingga plasenta menutupi leher rahim. Resiko placenta previa lebih besar terjadi pada kehamilan IVF, ketika pembuahan terjadi di serviks, bukan pada tuba falopi. Kondisi ini sering menyebabkan bayi tidak dapat lahir secara normal melalui vagina.

Baca juga: Khasiat buah mangga untuk si kecil

6. Proses kelahiran yang lebih lama. Pada ibu yang berusia di atas 35 tahun, proses kelahiran akan menjadi lebih lama, sehingga mungkin memerlukan proses kelahiran dengan induksi, kelahiran dengan dibantu alat vakum, atau operasi caesar (C-section).

7. Depresi postnatal. Perubahan dari wanita karir menjadi seorang ibu yang harus mengurus anaknya di rumah membutuhkan penyesuaian yang besar. Bila bunda sering menangis, sulit tidur atau sulit bangun, merasa sangat cemas, atau berfikir bahwa bunda adalah ibu yang gagal, mungkin bunda mengalami depresi postnatal (PND). Hubungi dokter atau perawat anak dan komunikasikan perasaan anda supaya depresi postnatal bisa diobati.

 

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru