09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Jenis makanan berserat tinggi untuk anak balita

KategoriNutrisi
Di lihat13198 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis makanan kaya serat untuk balita

Rata-rata anak balita kurang mengkonsumsi makanan berserat setiap harinya, kondisi ini dapat memicu gangguan pencernaan seperti sembelit dengan gejala umum berupa susah buang air besar (BAB), feses keras sehingga sakit saat BAB, jarang BAB, feses berupa gumpalan keras berukuran besar atau butiran-butiran kecil, serta mengeluh sakit perut.

Konsumsi makanan kaya serat penting bagi kesehatan si kecil karena selain dapat melancarkan sistem pencernaan mereka, makanan berserat tinggi juga dipercaya mampu memerangi jenis penyakit tertentu. Oleh karenanya sangat penting bagi bunda untuk memberikan si kecil jenis makanan yang kaya kandungan serat setiap harinya.

Baca juga: 3 Jenis bakteri penyebab keracunan makanan

Menurut situs Asosiasi Jantung Amerika, si kecil dengan usia 1-3 tahun normalnya memerlukan asupan sekitar 19 gram serat per hari yang diperoleh dari berbagai jenis makanan. Berikut adalah beberapa jenis makanan kaya serat yang bagus untuk anak balita :

1. Kacang-kacangan. Termasuk diantaranya kacang merah, kacang hitam, dan kacang hijau. Rata-rata 1 gelas (ukuran 230 ml) kacang merah yang sudah dimasak mengandung sekitar 14 gram serat. Kacang merah dapat dimasak dalam bentuk sup sedangkan kacang hijau dapat dijadikan bubur kacang hijau.

2. Brokoli. Jenis sayuran yang berwarna hijau gelap ini dikenal memiliki banyak manfaat, selain kandungan vitamin C nya yang tinggi, brokoli juga kaya akan kandungan serat. Dalam satu gelas brokoli rebus rata-rata terkandung sekitar 5 gram serat.

Baca juga: Tips pemberian multivitamin bagi si kecil

3. Alpukat. Buah dengan tekstur lembut dan legit ini menjadi salah satu primadona buah dengan kandungan serat tinggi. Dalam satu butir alpukat ukuran sedang terkandung sekitar 7 gram serat. Alpukat dapat diberikan langsung pada si kecil atau disajikan dalam bentuk jus.

4. Buah Pir dan apel. Dibalik rasa buah pir dan apel yang manis dan segar, ada sekitar 5.5 gram serat yang terkandung dalam buah pir atau apel berukuran sedang. Baik apel maupun buah pir dapat diberikan pada si kecil sebagai cemilan antara waktu makan siang dan makan malam.

5. Beras merah. Salah satu kelebihan beras merah dibanding beras putih adalah kandungan seratnya yang lebih tinggi. Dalam setiap gelas nasi beras merah terkandung sekitar 4 gram serat. Beras merah dapat diberikan pada si kecil sebagai alternatif beras putih yang biasa mereka makan.

Baca juga: 9 Cara alami redakan gejala pilek anak balita

6. Bayam. Selama ini bayam dikenal sebagai jenis sayuran dengan kandungan zat besi tinggi, namun ternyata selain kandungan zat besinya, bayam juga kaya akan serat. Dalam satu gelas bayam yang sudah di masak terkandung sekitar 4 gram serat.

7. Oatmeal. Salah satu kelebihan oatmeal ada pada kandungan seratnya yang tinggi. Serat pada oatmeal selain bagus untuk pencernaan si kecil juga mengandung jenis serat lainya yang terbukti secara medis mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah sehingga konsumsi dalam jangka panjang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru