09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Ketidaknyamanan selama kehamilan dan tips mengatasinya

KategoriKehamilan
Di lihat805 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

beragam gangguan kesehatan ringan selama masa kehamilan

Ketika si kecil dalam kandungan tumbuh semakin besar dan kuat, sangatlah wajar bila bunda mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti insomnia, sakit punggung, sukar bernafas, dan sebagainya. Pada akhir masa kehamilan, bunda harus membawa beban hampir seberat bayi normal, sehingga masa ini mungkin menjadi masa yang penuh tantangan. Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang umum dialami di akhir masa kehamilan dan tips untuk mengatasinya.

Baca juga: 5 Tips agar si kecil bisa cepat jalan

1. Kesulitan tidur. Beberapa wanita yang hamil tua mengalami kesulitan tidur. Bunda mungkin cemas dengan kondisi ini karena pada masa akhir kehamilan tubuh menjadi lebih mudah lelah. Cobalah minum susu hangat atau mandi air hangat sebelum tidur untuk merelaksasi tubuh. Bila bunda terbangun di tengah malam dan sulit untuk tertidur kembali, lakukan kegiatan ringan seperti membaca buku atau menonton TV, baru coba kembali untuk tidur.

2. Sakit punggung. Mendekati waktu melahirkan, ligamen (jaringan ikat penghubung antar tulang) semakin meregang untuk memberi ruang pada bayi yang posisinya mulai turun ke jalan lahir. Meregangnya ligamen dapat menyababkan rasa sakit di punggung dan kadang juga pada perut bagian bawah. Mandi air hangat bisa membantu meredakan rasa sakit di punggung. Cobalah juga untuk meletakkan bantal di bawah kedua lutut untuk merelaksasi otot punggung bila bunda terganggu rasa sakit di malam hari.

3. Kontraksi Braxton-Hicks. Mendekati trimester ketiga kehamilan, bunda mungkin mulai merasakan kontraksi pada rahim dan perut menjadi keras. Ini biasa disebut kontraksi Braxton-Hicks. Kontraksi ini biasanya terjadi selama 15 detik hingga 2 menit. Beberapa wanita hamil sadar dan mampu merasakan ketika kontraksi terjadi, dan beberapa tidak.

Baca juga: 5 Penyebab nafas tak sedap pada balita

4. Kram pada kaki. Pada umumnya ibu yang sedang hamil tua mengalami kejang pada otot betis. Bunda dapat meringankannya dengan meregangkan otot betis. Caranya, lenturkan telapak hinga jari-jari kaki ke arah tulang kering. Bila rasa sakit tidak terlalu parah bunda bisa melakukannya sendiri. Namun, bila kesulitan bunda bisa meminta bantuan pasangan atau teman untuk melakukannya.

5. Sulit bernafas. Pada minggu-minggu terakhir kehamilan bayi membutuhkan banyak ruang di dalam tubuh, sehingga paru-paru dan diafragma bunda tertekan. Akibatnya, bunda mungkin mengalami sukar bernafas. Tidak ada cara untuk menghindarinya, namun seiring berjalannya waktu posisi bayi akan mulai turun ke jalan lahir sehingga tekanan pada paru-paru akan berkurang.

6. Tekanan pada kandung kemih. Pada akhir masa kehamilan, kepala bayi akan menimbulkan tekanan pada kandung kemih, sehingga bunda mungkin lebih sering merasa ingin ke belakang. Selain itu, otot-otot panggul akan menjadi lebih rileks karena mempersiapkan kelahiran. Akibatnya, bunda mungkin mengeluarkan sedikit urin ketika bersin, batuk, atau tertawa. Bila bunda merasa terganggu karenanya, cobalah menggunakan panty liner.

Baca juga: Penyebab mata belekan pada bayi

7. Rasa tidak nyaman. Menjelang kelahiran, tubuh bayi menjadi besar dan memakan banyak ruang dalam tubuh bunda. Bunda mungkin merasa tergencet dari dalam dan ini bisa sangat mengganggu. Selain itu, seiring tubuh bunda yang membesar mungkin akan menjadi lebih sulit untuk masuk ke mobil atau duduk di kursi yang berlengan. Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan-gangguan ini. Kuatkan diri dengan mengingat selalu diri bahwa gangguan-gangguan ini akan segera berlalu dan berganti dengan kebahagiaan ketika si kecil lahir ke dunia.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru