09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Hal penting saat menyiapkan makanan untuk bayi

KategoriBayi
Di lihat2156 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

yang perlu diperhatikan saat membuat makanan bayi

Ayah bunda yang sibuk bekerja sebenarnya masih bisa membuat makanan si bayi tanpa harus membeli makanan instan. Bunda dapat membuat makanan si kecil dalam jumlah banyak dalam satu waktu kemudian membekukannya untuk digunakan secara bertahap.

Yang terpenting bunda wajib memperhatikan kebersihan serta tehnik pembekuan dan cara menghangatkan makanan tersebut supaya si kecil masih terhindar dari bahaya serangan bakteri atau kuman lainya yang dapat muncul akibat penanganan makanan yang tidak tepat. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan keamanan makanan yang disajikan bagi si kecil.

Baca juga: Kapan si buah hati boleh diberi makan ikan?

1. Pastikan menyimpan makanan dengan benar. Gunakan peralatan yang sudah dicuci bersih menggunakan sabun, termasuk pisau untuk memotong bahan dan peralatan untuk menghancurkan makanan. Untuk menghindari kontaminasi bakteri, jangan biarkan makanan tanpa penutup di dapur untuk waktu lama. Makanan hanya boleh dibiarkan tanpa penutup maksimal 2 jam setelah matang.

2. Simpan makanan di tempat dingin. Bakteri penyebab keracunan pada makanan biasa berkembang pada suhu di atas 5° C dan di bawah 60° Untuk mencegah berkembangnya bakteri pastikan lemari es diatur pada suhu di bawah 5° C, dan freezer diatur pada suhu di bawah -15° C.

3. Lemari es atau freezer? Makanan bayi yang mengandung daging dapat disimpan di lemari es selama 1 hari. Sedangkan makanan yang mengandung sayur-sayuran dan buah-buahan bisa tahan di lemari es hingga 2 sampai 3 hari. Maka, bila makanan bayi yang dibuat tidak akan dikonsumsi esok harinya lebih baik simpan makanan tersebut di dalam freezer

Baca juga: Tips memilih susu tambahan untuk anak

4. Panaskan terlebih dahulu. Saat bunda akan menyajikan makanan yang telah disimpan di lemari es atau freezer, pastikan untuk memanaskannya dahulu pada suhu dia atas 60° C. Bila bunda memanaskannya di atas kompor, pastikan uap sudah tampak keluar dari makanan sebelum mengangkatnya dari kompor. Bila menggunakan microwave, perhatikan bahwa makanan mungkin panasnya tidak merata. Karena itu aduk makanan 2 kali selama dipanaskan dan lanjutkan pemanasan hingga bunda yakin makanan sudah cukup panas.

5. Sajikan HANYA bila sudah hangat. Memanaskan kembali makanan yang disimpan akan mematikan bakteri penyebab keracunan makanan yang mungkin terdapat di dalamnya. Pastikan bunda memberikan makanan pada si kecil setelah  suhunya turun. Sebaiknya jangan membiarkan makanan berada di tempat terbuka untuk waktu yang lama untuk mendinginkannya. Bagi ia dalam porsi-porsi kecil supaya lebih cepat dingin. Atau, bunda bisa memasukkan ke dalam wadah yang diletakkan di atas loyang berisi air dingin supaya suhu makanan cepat turun.

6. Hindari menyajikan makanan sisa. Jangan menyajikan kembali makanan yang tersisa dari seporsi makanan bayi yang sudah diberikan pada si kecil. Makanan tersebut beresiko terkontaminasi bakteri dari kulit atau air liur si kecil.

Baca juga: 7 Aktifitas untuk melatih skil motorik si kecil

7. Hindari makan langsung dari kemasan. Mungkin bunda pernah membeli makanan bayi siap makan dalam kemasan cup atau kantong yang dapat digunakan untuk beberapa kali. Memasukkan sendok yang telah terkena air liur bayi ke dalam makanan di kemasan saat bunda menyuapi si kecil tidaklah aman. Hal ini bisa menyebabkan kontaminasi bakteri terjadi pada makanan yang masih ada dalam kemasan. Karenanya, jangan menyuapkan makanan bayi langsung dari kemasannya. Ambil makanan secukupnya dan letakkan pada wadah lain untuk disajikan bagi si kecil. Setelah itu, makanan yang masih tersisa bisa disimpan di lemari es untuk disajikan di waktu yang lain.

Img source: http://mealmom.com/babys-first-bite/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru