09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Panduan nutrisi bagi bunda yang sedang menyusui

KategoriMenyusui
Di lihat2499 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

jenis makanan sehat untuk ibu menyusui

Bunda pasti tahu bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi si kecil. ASI dengan berbagai kandungan supernya merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi, serta sempurna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Namun ternyata, agar bunda dapat menyusui dengan maksimal, bunda memerlukan 3000 hingga 4000 kilojoule kalori yang bersumber dari berbagai makanan setiap harinya.

Baca juga: Tips mengatasi susah BAB pada anak

Setengah dari kebutuhan kalori tersebut diambil dari kelebihan lemak selama masa kehamilan. Hal inilah yang menyebabkan bunda yang menyusui lebih mudah kembali ke berat badan normalnya seperti sebelum hamil. Setengah kebutuhan kalori yang lain, didapatkan dari makanan yang diasup bunda setiap hari. Berikut adalah panduan sederhana mengenai makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi bagi ibu menyusui.

Tips seputar nutrisi bagi ibu menyusui

1. Jaga asupan cairan. Biasaya bunda akan merasa haus selama dan setelah menyusui. Karenanya, biasakan untuk menyediakan segelas air di samping tempat duduk bunda ketika menyusui. Secara umum, ibu yang sedang menyusui membutuhkan air setengah liter lebih banyak daripada biasanya. Karenanya, pastikan bunda mengkonsumsi 2.5 liter air setiap harinya.

2. Konsumsi camilan sehat. Selama kehamilan, pilih camilan-camilan menyehatkan, seperti roti dari gandum utuh yang diolesi alpukat, yogurth, buah segar, sereal sarapan bebas gula dengan susu, segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian, atau keju dan biskuit adalah rekomendasi ahli nutrisi untuk cemilan sehat bunda menyusui.

Baca juga: Cara mengatasi biduran pada anak

3. Tambah asupan produk susu rendah lemak. Produk susu seperti keju, yogurth, dan susu rendah lemak merupakan sumber protein, vitamin B, vitamin D, dan kalsium. Kalsium penting bagi si kecil yang sedang berkembang sehingga bunda yang sedang menyusui sebaiknya menambah asupan makanan kaya kalsium. Untuk itu, masukkan 3 cangkir susu setiap harinya ke dalam menu makan bunda selama masa menyusui.

4. Hindari junk food. Jauhi makanan ringan seperti keripik, permen, pastry, cake, dan biskuit manis. Snack-snack kaya lemak dan gula ini memang cukup mengenyangkan, namun sayangnya minim nutrisi, jadi tidak direkomendasikan bagi bunda hamil dan menyusui.

5. Konsumsi asupan kaya zat besi. Kebutuhan zat besi si janin diambil dari nutrisi yang bunda konsumsi. Setelah kelahiran, sangatlah penting untuk mengisi kembali cadangan zat besi tersebut. Untuk itu, perbanyak konsumsi, kacang-kacangan, lentil, sayuran hijau, cereal dan roti berbahan gandum utuh, daging sapi, ayam, dan ikan.

6. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak kafein. Kafein dapat masuk ke dalam air susu yang dihasilkan kelenjar susu di tubuh bunda, kemudian dikonsumsi oleh bayi. Proses metabolisme dalam tubuh bayi mengolah kafein dengan sangat lambat. Hal ini menyebabkan kafein bisa mengendap lama dalam tubuh bayi. Bukannya sama sekali tidak boleh mengkonsumsi kafein, namun usahakan untuk mengurangi konsumsi kopi, teh, minuman berenergi, coklat, dan cola.  

Baca juga: Tips mengatasi balita yang suka menggigit kuku

7. Pilih beras merah. Pada umumnya, ibu yang baru melahirkan ingin segera kembali ke berat tubuhnya sebelum hamil. Karenanya, banyak dari mereka yang mengurangi asupan karbohidratnya. Namun, kehilangan berat badan terlalu cepat dapat mengurangi jumlah ASI yang dihasilkan dan membuat tubuh bunda menjadi lemas. Karena itu, konsumsilah beras merah untuk menjaga tingkat energi bunda.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru