09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Panduan seputar cara memijat bayi yang benar

KategoriBayi
Di lihat1954 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

panduan sederhana memijat bayi dirumah

Layaknya orang dewasa, bayi juga menyukai pijatan. Pijatan pada bayi memiliki efek menenangkan serta menimbulkan rasa nyaman dan rileks. Pijatan lembut setelah mandi air hangat dapat menenangkan bayi yang sedang gelisah serta membantunya agar tidur nyenyak. Selain itu, memijat si kecil adalah salah satu cara untuk mendekatkan hubungan si kecil dengan bunda, serta membuat keduanya lebih rileks. Bahkan, bila pijatan dilakukan dengan benar, ia bisa mendukung pertumbuhan fisik bayi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa memijat bayi yang terlahir prematur dapat menunjang peningkatan berat badan bayi hingga 50%.

Baca juga: Penyebab rupa-rupa warna pada air seni si kecil

Ayah bunda dapat dilakukan pijatan saat si kecil sedang tenang, namun belum mengantuk. Berikut adalah panduan singkat seputar memijat bayi di rumah.

Tips memijat bayi

1. Lakukan pemijatan di ruangan yang hangat dan tenang. Ayah bunda juga bisa memutar musik yang lembut agar si buah hati tambah rileks.

2. Hamparkan handuk atau selimut di tempat tidur, ranjang bayi, atau meja khusus untuk mengganti popok, kemudian tengkurapkan si kecil di atasnya.  Bila bunda takut si kecil kedinginan, tutup tubuhnya dengan selimut dan hanya buka bagian tubuh yang akan dipijat.

3. Tuangkan beberapa tetes baby oil atau lotion ke tangan bunda. Bunda bisa juga menggunakan minyak telon atau minyak zaitun. Gosokkan kedua tangan bunda untuk menghangatkan telapak tangan dan minyak.

4. Belai dengan lembut tubuh si kecil dengan tangan yang telah diberi minyak. Mulailah dari bagian kepala, kemudian turun ke leher, ke kedua belah bahu. Lanjutkan ke bagian punggung hingga pinggang. Setelah itu, belai bagian paha hingga kaki, kemudian naik ke bahu kembali, kemudian ke bagian tangan. Lakukan beberapa kali.

Baca juga: Penanganan tepat saat si kecil terkena cacar air

5. Bila si kecil tampak tenang, balikkan tubuhnya dan belai tubuh bagian atas, kaki, kemudian tangannya. Jangan memijat perut bila si kecil baru minum susu atau bila luka bekas tali pusarnya belum sembuh. Jangan juga memijat daerah vital si bayi.

6. Bila pemijatan selesai, pakaikan pakaian bayi dan popok. Setelah itu bunda bisa menidurkan si kecil atau melanjutkan kegiatan seperti biasanya.

7. Pemijatan bisa dilakukan selama 15 menit. Namun, bisa juga 10 menit atau kurang dari itu. Bila si kecil suka, pemijatan bisa dilakukan hingga 30 menit.

Tanda bayi menyukai pijatan

Baca juga: Benarkah air sabun menyebabkan infeksi saluran kencing?

Bila si kecil tampak tenang dan tidak gelisah selama dipijat, berarti ia suka dipijat. Sebaliknya, bila si kecil meringis, menangis, atau memalingkan kepalanya, itu adalah tanda bahwa ia sedang tidak ingin dipijat. Ini bisa menjadi tanda bahwa ia tidak suka dipijat, atau bisa juga karena ia terlalu kenyang atau perutnya sedang penuh dengan gas sehingga tidak dapat menikmati pijatan yang bunda lakukan. Jangan takut untuk mencoba mengulangi pijatan di lain waktu, namun segera hentikan bila bayi menunjukkan tanda-tanda tersebut.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru