09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Tips alami redakan hidung tersumbat pada bayi

KategoriBayi
Di lihat11756 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara alami redakan hidung tersumbat pada bayi

Udara yang dingin dapat menyebabkan hidung bayi tersumbat, terkadang jika disertai dengan pilek si kecil dapat menunjukan gejala demam dan batuk. Agar mereka dapat bernafas dengan leluasa, sangatlah penting untuk memastikan saluran hidung bayi tidak buntu, khususnya ketika bayi sedang makan, minum, atau ketika ia tidur. Ketika mereka mengalami kesulitan bernafas biasanya ia akan lebih rewel karena merasa tidak nyaman. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat ayah bunda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

1. Tinggikan posisi kepala si kecil

Tinggikan sedikit posisi kepala si kecil dengan meletakkan bantal pada bagian atas tempat tidur. Hal ini membuat sikecil lebih mudah bernafas serta mengurangi inflamasi di rongga hidung.

Baca juga: Bagaimana menangani luka memar pada balita?

2. Gunakan minyak telon

Minyak telon  menimbulkan sensasi hangat dan bisa membuat bayi merasa lebih bebas untuk bernafas. Ayah dan bunda bisa mengoleskannya pada dada, leher, serta punggung si kecil. Jangan menggunakannya di sekitar lubang hidung, karena meyebabkan iritasi.

3. Gunakan spray atau tetes hidung untuk bayi

Spray hidung atau laturan tetes hidung biasanya berupa larutan  salin dengan konsentrasi tertentu yang digunakan untuk mengurangi penyumbatan di rongga hidung akibat lendir berlebih. Larutan ini juga dapat melembabkan rongga hidung yang kering akibat udara yang dingin. Spray hidung sangat aman dan tidak menimbulkan iritasi. Ayah bunda dapat memperoleh spray hidung di apotek dengan atau tanpa resep dokter.

Baca juga: 6 Tips seputar sarapan pagi si kecil

4. Gunakan kompres mata

Kompres mata yang lembut bisa membuat bayi merasa lebih nyaman. Pasalnya, ia dapat membersihkan area sekitar mata si kecil dengan menyingkirkan kerak dan kotoran yang menempel di sekitar mata. Kompres mata bisa digunakan baik dingin maupun hangat.

5. Penguapan alami

Penguapan alami juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Caranya, letakkan ember kecil berisi air panas yang sudah ditetesi meinyak telon di pojok kamar. Biarkan si kecil menghirup uap hangat tersebut secara tidak langsung atau bantu si kecil dengan menggendong bayi dengan posisi telungkup dengan posisi kepala di atas ember kecil tersebut. Hati-hati jangan sampai si kecil terlalu lama dan terlalu dekat  dengan sumber uap.

6. Hangatkan bayi

Bunda bisa memandikan bayi dengan air hangat atau menjemur bayi di bawah matahari pagi. Hal ini bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi hidung tersumbat.

Baca juga: 9 Tips melatih kecerdasan si buah hati

7. Jaga kelembaban udara

Jika memungkinkan, ayah bunda dapat menggunakan alat pengatur kelembapan udara di ruangan si kecil. Udara lembab membantu mengurangi dampak penyumbatan serta membuat mereka lebih nyaman. Posisikan alat pengatur kelembapan udara di tempat yang tidak bisa dijangkau anak-anak.

Kapan harus menghubungi dokter?

Bila si kecil menunjukkan gejala-gejala di bawah ini ayah dan bunda sebaiknya menghubungi dokter:

  • Suhu tubuh bayi dengan usia 3 bulan kebawah mencapai 38 oC, atau saat suhu tubuh bayi dengan usia 3 bulan keatas mencapai 39 oC
  • Suara batuk bayi terdengar serak.
  • Bayi tampak lesu, muntah, dan menolak minum ASI
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru