09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Tips cerdik memilih jenis makanan sehat untuk si buah hati

KategoriNutrisi
Di lihat691 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Tips cerdik memilih berbagai bahan makanan

Pilihlah bahan makanan yang baik untuk diberikan pada si kecil agar kecukupan nutrisi hariannya terjamin. Pastikan ayah bunda membeli jenis makanan yang segar dan masih dalam kondisi prima. Selain untuk menjamin kandungan zat gizinya, mengkonsumsi bahan makanan segardapat menghindarkan si kecil dari resiko keracunan bahan makanan.

Hindari mengkonsumsi bahan makanan yang sudah kadaluarsa apalagi yang sudah mengalami perubahan warna, bau, dan rasa. Berikut dibawah adalah tips-tips bagi ayah bunda saat memilih bahan makanan untuk keperluan konsumsi sikecil dan keluarga.

(Baca juga: 7 Alternatif cemilan sehat buat si buah hati)

Tips cerdik memilih berbagai bahan makanan

1. Beras. Kandungan vitamin B dan serat pada beras banyak terdapat pada kulit arinya sehingga beras yang bagus masih memiliki sedikit kulit arinya. Beras yang sehat juga tidak bau apek, tidak berkutu, dan tidak buliranya tidak saling menempel. Ayah bunda harus waspada saat membeli beras, belilah di tempat terpercaya karena beberapa oknum pedagang yang tidak bertanggung jawab mungkin telah memproses berasnya secara kimia baik itu dengan cara memberikan bahan pemutih, atau pewangi.

2. Sayur dan buah. Pilihlah sayur dan buah yang masih segar, berwarna cerah, dengan tingkat kematangan yang pas. Periksa apakan buah atau sayurnya sudah berubah warna, bau, dan rasanya jika iya, hindari konsumsi buah dan sayur seperti itu.

(Baca juga: 6 Jenis buah dengan manfaat ajaib untuk kesehatan si kecil)

3. Tepung-tepungan. Tepung layak konsumsi tidak berbau apek, tidak mmenggumpal, dan tidak berkutu. Hindari menggunakan tepung yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya meski nampak masih bagus.

4. Ikan dan daging sapi. Ikan yang masih segar memiliki insang yang berwarna merah dan tidak berbau amis. Jika di tekan dengan jari dagingnya terasa kenyal dan tidak meninggalkan bekas lekukan, sedang daging yang masih segar nampak berwarna merah cerah, tidak berair, serta tidak terdapat bercak gelap. Jika di pegang tidak lengket dan tidak lembek.

5. Daging ayam. Ciri daging ayam yang bagus diantaranya masih nampak segar dengan kulit mengkilap dan dagingnya kenyal. Ayam yang sudah mati sebelum di potong (ayam tiren) biasanya memiliki ciri memar dikulitnya terutama pada bagian sayap. Hati-hati membeli daging ayam mentah yang warnanya tidak natural, karena mungkin saja sudah diberi pewarna untuk menyamarkan daging ayam yang sudah rusak.

6. Telur ayam. Menurut Dra, Atat Siti Nurani, Msi, dari Fakultas Pendidikan dan Teknologi Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia, telur ayam yang baik memiliki ciri berkuit mulus dan tidak retak, tidak terapung jika direndam dalam air, dan memiliki putih telur yang jernih. Ciri lain dari telur yang segar, jika di pecah dan disimpan dalam piring nampak kuning telurnya tinggi atau tidak datar, putih dan kuningnya mudah di pisah serta tidak berbau busuk.

7. Tahu dan tempe. Tahu dan tempe yang masih segar tidak berlendir, tidak berbau busuk, bentuknya utuh, tidak berubah warna.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru