09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Tips mengatasi keringat berlebih saat bunda hamil

KategoriKehamilan
Di lihat5389 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara menghendalikan keringat berlebih selama masa kehamilan

Keringat berlebih adalah salah satu keluhan yang paling umum pada masa kehamilan. Selain itu, pada saat cuaca sedang panas-panasnya terkadang bunda akan mengalami rasa panas di tubuh seperti yang umum terjadi menjelang monopause.

Gejala tersebut ternyata terjadi karena perubahan hormon, sebagaimana juga gusi berdarah, jerawat, dan wasir selama masa kehamilan. Perubahan hormon pada saat terjadi pembuahan mempengaruhi hipotalamus, bagian otak yang mempengaruhi suhu tubuh, sehingga suhu tubuh pun meningkat bahkan ketika suhu udara sedang sejuk. Hal ini meningkatkan produksi keringat, yang merupakan reflek tubuh untuk menurunkan suhu tubuh yang berlebihan.

Baca juga: Pertolongan pertama luka bakar anak

Keringat berlebih saat hamil

Keringat berlebih biasanya menjadi semakin parah pada trimester pertama, trimester ketiga, dan setelah persalinan, yaitu masa-masa ketika fluktuasi hormon sedang tinggi-tingginya. Gejala ini biasanya mulai mereda dengan sendirinya ketika kondisi hormonal sudah stabil, yaitu setelah masa ovulasi setelah persalinan (biasanya beberapa bulan setelah persalinan).

Dalam tubuh, ada beberapa kelenjar yang bertugas memproduksi keringat. Salah satu yang paling terkenal adalah kelenjar apokrin. Kelenjar ini terutama banyak terdapat pada bagian ketiak, area perianal, dan bagian genital. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin biasanya beraroma menyengat, terutama bila bakteri berkembang di bagian-bagian tubuh tersebut.

Namun, aktivitas kelenjar apokrin melambat pada masa kehamilan. Sebaliknya, kelenjar ekrin, yaitu kelenjar keringat yang terletak di wajah, punggung, dada, dan tersebar di bagian ketiak, bekerja lebih aktif untuk mengatur suhu tubuh. Akibatnya, bunda mungkin menemukan bahwa tubuh berkeringat lebih banyak di bagian tubuh dimana kelenjar ekrin berada dan aroma keringat tidak menyengat.

Tips menghadapi keringat berlebih saat hamil

Karena disebabkan oleh perubahan hormonal yang alami terjadi selama kehamilan, keringat berlebih tentu saja tidak bisa dihilangkan begitu saja. Akan tetapi, tips-tips di bawah ini mungkin bisa membantu membuat bunda merasa lebih nyaman dan sehat.

Baca juga: Redakan demam anak secara alami

1. Pastikan tubuh cukup air. Banyak berkeringat membuat tubuh kehilangan banyak air, sehingga mungkin menyebabkan bunda merasa lemas bahkan pening. Untuk mengatasinya, perbanyak minum. Memperbanyak minum air dingin juga membantu tubuh untuk menjaga temperaturnya pada suhu normal. Untuk itu, bawalah sebotol air kemanapun bunda pergi, dan minumlah setiap kali merasa haus. Buah-buahan, sayuran, dan jus buah asli juga bisa menambah cairan tubuh, namun jauhi soda dan minuman yang mengandung pemanis berlebihan karena bisa menimbulkan kelebihan kalori.

2. Hindarkan tubuh dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari tentu saja bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh menjadi lebih banyak berkeringat. Tetaplah berada di ruangan yang sejuk (ber-AC) ketika cuaca sedang panas-panasnya. Bila terpaksa keluar rumah, gunakan pelindung seperti topi atau payung.

3. Hindari berolahraga pada saat cuaca sedang panas. Sebagai gantinya, berjalan-jalanlah di pagi hari, berolahragalah di gym ber-AC, atau lakukan olahraga dalam air.

4. Kenakan pakaian yang longgar dan berwarna cerah. Lebih baik lagi bila kita mengenakan pakaian berlapis, sehingga bisa dilepas selapis ketika cuaca sedang panas, atau juga bisa dikenakan ketika suhu udara dingin.

5. Lapisi bantal tidur dengan handuk. Handuk berfungsi menyerap keringat berlebih di malam hari, sehingga bunda merasa lebih nyaman.

Baca juga: Mengatasi sembelit anak tanpa obat kimia

6. Hindari makanan panas atau pedas. Makanan panas atau pedas cenderung membuat tubuh lebih banyak berkeringat.

7. Gunakan bedak bebas talc. Bubuhkan bedak bebas talc pada bagian yang sering berkeringat untuk menyerap kelembaban dan mencegah ruam.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru