09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Tips mengatasi nyeri pada punggung bawah saat hamil

KategoriKehamilan
Di lihat1845 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

kenapa wanita hamil sering sakit punggung dan pinggang serta bagaimana cara mengatasinya?

Para wanita hamil seringkali mengeluhkan kondisi punggung mereka yang nyeri. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan mempengaruhi persendian, ligamen, dan otot wanita hamil dan membuatnya lebih rileks dan meregang. Perut yang semakin membesar membuat para ibu cenderung mencondongkan perutnya ke depan dan hal ini menambah tekanan pada bagian punggung.

Baca juga: Panduan nutrisi bagi ibu menyusui

Sakit punggung pada ibu hamil

Di antara keluhan di bagian punggung, nyeri pada punggung bawah adalah yang paling umum. Meski demikian, para ibu juga sering merasakan sakit pada punggung atas, bagian tengah dada, bahu, dan rongga dada. Beberapa wanita hamil juga mengalami rasa sakit yang menyengat pada satu atau kedua belah kaki (sciatica).

Selama kehamilan, tulang ekor yang pernah retak (mungkin akibat jatuh atau persalinan sebelumnya yang sulit) mungkin akan terasa lebih sakit. Bunda mungkinpernah mengalami masalah pada punggung, leher, atau pinggul. Jangan kaget bila bagian-bagian tersebut terasa lebih sakit selama hamil karena hormon kehamilan akan mempengaruhi persendian dan otot pada bagian-bagian tersebut.

Mencegah dan mengatasi sakit punggung saat hamil

1. Jagalah postur tubuh tetap tegak, namun pastikan dagu tidak terangkat. Bila pekerjaan mengharuskan bunda berdiri dalam posisi yang sama dalam waktu lama sering-seringlah mengganti kaki yang digunakan sebagai tumpuan. Ketika tiba waktu istirahat, cobalah untuk duduk dan berjalan-jalan sebentar.

2. Gunakan beberapa bantal untuk menyangga kepala dan leher ketika tidur. Luruskan kaki dalam posisi terlentang. Bila ingin bangun dari tempat tidur, jangan bangun terlalu cepat. Miringkan tubuh ke salah satu sisi dahulu, kemudian bangkitlah ke posisi duduk, baru berdiri dengan perlahan-lahan.

Baca juga: Nutrisi ajaib dalam air susu ibu

3. Jangan mengangkat barang-barang belanjaan yang berat. Lebih baik ajak orang lain yang bisa membantu mengangkatnya ketika berbelanja atau gunakan layanan antar. Hindari pula menggendong anak-anak pada satu pinggang karena hal ini dapat memperparah sakit punggung.

4. Gunakan sepatu yang pas dan nyaman digunakan dengan tumit yang tinggi dan tidak runcing. Hal ini penting untuk menjaga agar bunda tidak terkilir. Gunakan bra khusus ibu hamil yang ukurannya pas supaya bahu dan rongga dada tidak sakit.

5. Bila harus menyetir mobil sendiri, sesuaikan posisi kaca spion dengan baik supaya kita tidak harus menggerakkan kepala terlalu banyak ketika menyetir.

Baca juga: Tips agar produski ASI tetap banyak

6. Satu lagi keistimewaan olah raga ringan selama kehamilan adalah dapat mengurangi nyeri pada punggung bagian bawah. Lakukan peregangan setiap hari, ambil kelas yoga khusus ibu hamil, atau lakukan jalan-jalan santai sambil melihat pemandangan sore hari. Yang terpenting, jangan berolahraga secara berlebihan dan minumlah cukup air supaya suhu tubuh tidak terlalu panas. Ingatlah juga untuk tidak berolahraga ketika rasa sakit sedang menyerang. Lebih baik hentikan kegiatan dan beristirahatlah hingga pulih.

7. Gunakan botol berisi air hangat untuk mengompres bagian yang sakit. Atau, gunakan handuk yang dibasahi air hangat.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru