09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Tips mengembangkan pola asuh anak yang lebih baik

KategoriParenting
Di lihat1107 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

berikut adalah tips seputar pola asuh anak yang lebih baik

Menjadi orang tua yang baik memang bukan merupakan hal mudah. Semua orang belajar menjadi orang tua yang lebih baik dan mengembangkan pola asuhnya dari waktu ke waktu, terutama di tengah kesibukan yang semakin padat (mungkin bunda termasuk ibu yang bekerja). Berikut adalah beberapa tips mengembangkan pola asuh dan menjadi orang tua yang lebih baik, sebagaimana dilansir oleh woolworthsbabyandtoddlerclub.com.au.

1. Hindari membandingkan anak-anak.

Setiap anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Karena itu, bila si kecil belum bisa berjalan seperti beberapa anak lain atau memiliki perbedaan tahap perkembangan yang lain, hal ini bukan berarti ia tertinggal dari anak-anak lain. Begitu pula bila si kecil tergolong yang pemalu, terimalah ini sebagai bagian dari kepribadian anak kita dan jangan membandingkannya dengan anak-anak lain.

Baca juga: Penyebab mimisan pada anak dan cara menghentikannya

2. Konsistenlah dengan aturan yang kita buat.

Bila kita menerapkan aturan yang kita sendiri tidak menerapkannya, ini akan terasa membingungkan bagi si kecil. Anak-anak adalah produk dari lingkungannya dan tanpa kita sadari, kebiasaan kita akan membentuk kepribadiannya.

3. Biarkan anak-anak melakukan kesalahan.

Melakukan kesalahan membantu si kecil memahami hukum sebab akibat. Karena itu, beri kesempatan bagi si kecil untuk merasakan kekecewaan, misalnya ketika menara lego buatannya roboh atau ketika mainannya terjatuh dari tangga. Terlalu melindungi anak-anak akan menghindarkan mereka dari perasaan-perasaan yang secara alamiah perlu mereka rasakan dan hal ini bisa berakibat buruk bagi perkembangan kepribadiannya.

4. Biarkan si kecil bosan.

Yang satu ini mungkin terdengar lucu, namun biarkan si kecil sesekali merasa bosan. Jangan terus menerus menyediakan hal-hal yang akan membuatnya senang dan biarkan ia menemukan sendiri hal-hal tersebut dengan kreativitasnya. Misalnya, beri ia selembar kertas dan pulpen, lalu duduklah sambil minum teh di dekatnya. Mungkin ia akan beberapa kali mengeluh bosan, namun lama kelamaan ia akan menemukan dunianya sendiri dengan imajinasinya yang masih liar.

Baca juga: Tips menurunkan demam si kecil secara alami

5. Percayai diri sendiri sebagai orang tua.

Dewasa ini kita dapat dengan mudah memperoleh informasi-informasi seputar parenting melalui berbagai media. Informasi-informasi ini bisa sangat membantu, namun bisa juga membuat kita merasa bingung dan berada di bawah tekanan. Kita mungkin mengharapkan yang terbaik bagi si kecil dan tidak ingin ia melewatkan berbagai kesempatan untuk berkembang, namun tetap percayai insting kita sebagai orang tua.

Bila si kecil terlihat ogah-ogahan dan jenuh dengan berbagai kegiatan dan les yang ia ikuti, kita akan tahu bila hal itu disebabkan usianya yang masih terlalu muda dan belum siap atau karena ia memiliki minat yang berbeda. Lakukan yang terbaik berdasarkan insting kita karena ayah dan bunda tentunya paling mengerti kondisi dan kebutuhan anak-anak kita.

6. Tetap jaga komunikasi.

Baik bagi ibu rumah tangga maupun ibu yang bekerja, terkadang kita harus berpisah dengan anak-anak. Yang terpenting di saat seperti ini adalah tetap menjaga komunikasi. Peluk dan cium si kecil sebelum bunda meninggalkan rumah dan sediakan waktu begitu tiba kembali di rumah untuk mengajak mereka berbincang sejenak.

Luangkan waktu untuk membacakan cerita sebelum anak-anak tidur dan beri mereka pelukan setelahnya. Hal ini akan membantu mempererat hubungan emosioanal antara bunda dan anak-anak.

Baca juga: 5 Tanda saat si kecil diserang radang tenggorokan

7. Kembangkan perpektif yang benar.

Yakinlah bahwa tidak ada anak yang sempurna, begitupun orang tua yang sempurna atau keluarga yang sempurna. Yang perlu kita lakukan adalah terus menerus memperbaiki diri dan mengembangkan pola asuh yang lebih baik dari waktu ke waktu (tentunya sesuai usia si kecil). Ingatlah bahwa 1 langkah kecil lebih baik daripada tidak sama sekali.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru