09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

7 Tips meredakan nyeri pada puting saat menyusui

KategoriMenyusui
Di lihat39876 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara mengatasi sakit saat menyusui

Penyebab nyeri atau luka pada puting payudara selama masa menyusui pada umumnya disebabkan oleh bayi yang tidak menghisap air susu dengan benar. Pada masa-masa awal menyusui, tidaklah normal bila bunda merasakan sakit di puting payudara. Karenanya pastikan mulut bayi menempel pada seluruh areola (bagian gelap di sekitar puting), bukan hanya pada puting payudara. Berikut adalah beberapa tips mencegah luka dan nyeri pada puting payudara selama masa menyusui:

Baca juga: 4 Tips sederhana mencegah gigi si kecil keropos

Tips menghindari nyeri selama menyusui

1. Tawarkan bayi air susu ketika ia sedang tenang, jangan menunggu ia sangat lapar sehingga rewel dan menangis. Bayi yang sedang tenang akan menyusu dengan lebih lembut dan tidak banyak gerak sehingga tidak melukai puting payudara.

2. Luka dan rasa sakit pada puting payudara biasanya terjadi pada awal waktu menyusui, ketika air susu belum mulai keluar. Bila air susu sudah keluar, rasa sakit biasanya perlahan akan mereda. Karenanya, bunda bisa merangsang keluarnya air susu sebelum mulai menyusui, misalnya dengan memijat payudara dengan kain yang dibasahi air hangat.

3. Bunda bisa berkonsultasi dengan ahli laktasi. Ahli laktasi akan memeriksa kondisi mulut bayi, apakah terdapat kelainan seperti lidah pendek (tongue tie) atau lainnya yang dapat mempengaruhi kemampuan bayi dalam menghisap susu.

4. Bila memungkinkan, hindari penggunaan botol susu atau dot di awal masa menyusui. Bayi menghisap susu dari puting payudara bunda dengan cara yang berbeda dengan bila ia menggunakan dot. Karena itu, memberi bayi dot atau botol susu bisa membuatnya bingung.

5. Menggunakan puting sambungan mungkin dapat membantu untuk sementara, namun hal ini tidak dapat memecahkan masalahnya. Karena itu, bila bunda memutuskan untuk menggunakan puting sambungan, berkonsultasilah dulu dengan ahli laktasi.

Baca juga: Tips memilih pasta gigi untuk anak

6. Bila puting payudara terasa amat sakit, bunda bisa memeras air susu dengan tangan ataupun pompa dengan lembut. Berikan air susu kepada bayi dengan sendok hingga rasa sakit di puting payudara berkurang.

7. Penggunaan krim khusus penghilang luka pada puting payudara jarang bisa membantu, kecuali bila diresepkan oleh dokter karena ada infeksi. Oleskan beberapa tetes air susu yang bunda peras dari payudara di akhir waktu menyusui pada puting payudara hingga areola. Metode ini biasanya bisa membantu.

Kapan harus menghubungi dokter?

Luka atau rasa sakit pada puting payudara biasanya berlalu lama. Bila rasa sakit muncul setelah beberapa lama waktu menyusui, bukan di awal, hal ini kemungkinan adalah akibat dari infeksi bakteri atau sariawan. Bila hal ini terjadi atau bila rasa sakit pada puting payudara berlangsung lama, bunda bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Sekalipun bunda merasa sakit sehingga tidak bisa menyusui untuk sementara, tetaplah memeras air susu secara teratur. Bila tidak, payudara bisa bengkak dan bunda bisa terkena mastitis. Tidak mengosongkan payudara secara teratur juga dapat membuat produksi air susu berkurang.

Baca juga: 7 Langkah mengoptimalkan kekebalan tubuh anak

Terkadang luka pada puting payudara bisa terinfeksi oleh bakteri (Staphylococcus aureus) atau sariawan (Candida albicans), ataupun keduanya. Gejalanya biasanya adalah nyeri pada puting dan rasa sakit yang menyengat pada payudara. Penanganan gangguan ini bisa berbeda-beda, tergantung dari penyebab dan tingkat keparahan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru