09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

8 Ciri-ciri orang hamil dipekan-pekan pertama

KategoriKehamilan
Di lihat10080 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

inilah 8 ciri-ciri awal yang sering nampak pada wanita hamil di pekan-pekan pertama

Dengan adanya alat tes kehamilan yang dapat diperoleh dengan mudah di apotik, siapa saja dapat melakukan tes kehamilan, kapan saja setelah mengalami keterlambatan datang bulan. Bagi sebagian perempuan, ciri-ciri orang hamil dapat mulai muncul dipekan-pekan pertama setelah berhubungan suami istri. Berikut adalah beberapa tanda-tanda awal wanita hamil,

Ciri ciri wanita hamil

1. Mual dengan atau tanpa muntah. Gejala mual muntah umum dikenal dengan istilah morning sicknes, yang dapat muncul kapan saja. Sebagian besar wanita hamil mengalami kondisi ini selama tiga pekan setelah peristiwa pembuahan sel telur oleh sperma. Para ahli masih belum menemukan jawaban memuaskan seputar penyebab utama kondisi ini, namun perubahan level hormon dalam tubuh ibu hamil diduga menjadi salah satu penyebabnya. Beberapa wanita juga mengalami peningkatan sensitivitas penciuman saat mereka mulai mengandung.

Baca juga: Tips meredakan sakit puting saat menyusui

2. Sering buang air kecil. Cici-ciri orang hamil lainnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil terutama saat menjelang malam. Bagi kebanyakan wanita, kondisi ini dapat mengganggu pola tidur karena harus bolak-balik ke kamar mandi disaat seharusnya tidur. Lagi-lagi perubahan hormon dalam tubuh diduga menjadi pemicu seringnya ibu hamil buang air kecil.

3. Payudara membesar. Banyak wanita yang mengalami perubahan fisik khususnya dibagian payudara saat menginjak awal masa kehamilan. Payudara menjadi sedikit lebih besar, terasa lebih lembut, sensitif, terkadang sedikit sakit.

4. Lelah. Merasa lemas dan lelah banyak dikeluhkan para ibu hamil terutama diawal-awal masa kehamilan. Ciri-ciri orang hamil ini dipicu oleh kadar hormon progesteron dalam tubuh ibu yang meningkat cukup drastis menyebabkan ibu hamil sering merasa lemas, ngantuk, dan kurang bersemangat beraktivitas. Terganggunya pola tidur malam akibat sering bolak-balik kekamar mandi juga berpotensi menimbulkan kelelahan pada wanita hamil.

Baca juga: 6 Tips agar produksi air susu ibu tetap banyak

5. Menginginkan makanan tertentu. Sebagian ibu hamil tiba-tiba merasa sangat menginginkan beberapa jenis makanan tertentu, atau sebaliknya, secara tiba-tiba tidak menyukai bahkan memicu muntah saat mengkonsumsi atau bahkan mencium aroma makanan tertentu. Meski belum diketahui penyebab pastinya, para ahli mengaitkan kondisi ini dengan perubahan kadar hormon kehamilan pada tubuh wanita hamil.

Tanda tanda hamil lainnya

6. Sakit keram dan perubahan mood. Sebagian wanita hamil mengalami keram dibagian perut saat awal-awal masa kehamilan. Dampak awal kehamilan juga bisa berupa perubahan mood atau suasana hati secara tiba-tiba, kadang merasa sangat bahagia, kadang merasa takut akan tugas besar menjadi seorang ibu. Dukungan dari pasangan sangat diperlukan saat ibu hamil mengalami kondisi tersebut.

7. Sembelit. Perubahan kadar hormon dalam tubuh wanita hamil berpengaruh pada melampatnya proses pencernaan sehingga dapat memicu sembelit atau konstipasi.

Baca juga: Panduan nutrisi bagi ibu menyusui

8. Muncul bercak darah. Nampaknya bercak-bercak darah dari bagian kewanitaan merupakan salah satu ciri-ciri orang hamil. Didunia medis kondisi ini dikenal dengan sebutan pendarahan implantasi, yang dapat terjadi saat sel telur yang telah dibuahi sperma menempel pada dinding rahim. Peristiwa ini umumnya terjadi 10 sampai 14 hari setelah proses pembuahan. Umumnya bercak darah muncul saat wanita hamil memasuki periode yang seharusnya datang bulan.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru