09.00-17.00 WIB
081334130336
081334130336
081334130336
D18C1A4D
Menu

8 Tips aman bepergian jauh dengan mobil saat hamil

KategoriKehamilan
Di lihat374 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

cara aman ibu hamil berkendara jauh

Sedang hamil bukan berarti bunda tidak bisa bepergian jauh menggunakan mobil, hanya saja bunda harus lebih berhati-hati karena benturan atau getaran dari mobil bisa saja berdampak pada si janin. Berikut adalah beberapa panduan bagi bunda hamil untuk bepergian dengan mobil, bahkan mengemudi dengan aman.

Tips aman berkendara untuk ibu hamil

1. Gunakan sabuk pengaman dengan benar. Bahkan ketika sedang hamil, sabuk pengaman sangat penting bagi keselamatan bunda. Pastikan posisi sabuk bagian atas membelah dada kanan dan kiri, dan sabuk bagian bawah terdapat di bawah perut bunda. Jangan meletakkan sabuk bagian bawah membelah perut karena bila terjadi sesuatu dengan mobil, hentakannya bisa membuat plasenta terangkat dari uterus.

Baca juga: Tips memasak sayur agar vitaminya tidak hilang

2. Tetap gunakan kantong udara. Sejak mulai digunakan pada tahun 1980-an, kantong udara di mobil telah menyelamatkan banyak nyawa. Kantong udara dibuat untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang mobil, bahkan ketika mereka sedang hamil. Bila terjadi tabrakan, kantong udara akan menghalangi penumpang sehingga tidak membentur dashboard, kaca depan mobil, maupun setir. Kantong udara dirancang untuk bekerja dengan sabuk pengaman yang sesuai. Bila bunda telah menggunakan sabuk pengaman dengan cara yang benar (lihat atas), maka bunda bisa melakukan perjalanan dengan tenang menggunakan kantong udara.

3. Saatnya menyerahkan kursi sopir. Seiring berjalannya waktu, bunda mungkin akan perlu memundurkan kursi sopir untuk membuat ruang yang cukup bagi perut bunda yang terus membesar. Bila bunda masih bisa menjangkau setir, pedal gas, dan pedal rem dengan baik, maka hal ini tidak menjadi masalah. Sekali bunda merasa kesulitan untuk menjangkaunya, berarti ini adalah saat yang tepat untuk menyerahkan kemudi dan menjadi penumpang di mobil demi keselamatan bunda dan calon buah hati.

4. Bawa sepatu cadangan. Selama bepergian, mungkin kaki bunda akan mengalami bengkak dan nyeri. Karenanya, penting untuk membawa sepatu atau selop cadangan yang lembut dan nyaman, atau setidaknya kaos kaki yang tebal. Selama perjalanan lakukan peregangan sederhana pada kaki. Regangkan kaki ke arah tulang kering beberapa kali selama perjalanan. Putar telapak kaki ke satu arah selama beberapa kali, kemudian putar ke arah sebaliknya beberapa kali. Peregangan sederhana dapat mengurangi rasa nyeri pada kaki dan membuat perjalanan lebih nyaman.

Baca juga: Membuat buah-buahan kering untuk anak

5. Makan dalam porsi-porsi kecil. Bila bunda merasa kembung dan mulas, perjalanan yang mengharuskan bunda duduk lama bisa membuat rasa tidak nyaman semakin menjadi-jadi. Karena itu, selama diperjalanan lebih baik makan 5 atau 6 porsi kecil sehari daripada makan 3 kali dalam porsi normal.

6. Sediakan waktu perjalanan yang lebih panjang. Hormon kehamilan biasanya membuat bunda merasa lebih sering ingin ke belakang. Karenanya sediakan waktu perjalanan yang lebih panjang supaya bunda bisa berhenti di tengah perjalanan untuk mampir ke toilet bila diperlukan. Rencanakan beberapa tempat yang bisa menjadi persinggahan selama perjalanan. Berhenti setiap 90 menit sekali juga penting untuk memberi waktu bunda berjalan-jalan sejenak dan melakukan peregangan bila kaki mulai bengkak dan nyeri.

7. Bawa selalu rekam medis. Membawa rekam medis adalah salah satu hal yang penting ketika melakukan perjalanan. Bila terjadi sesuatu selama perjalanan, rekam medis berisi riwayat kehamilan bunda bisa membantu para tenaga medis dalam memberikan pertolongan yang tepat. Selain itu, bawa juga nama dan nomor kontak dokter atau tenaga kesehatan lain (misalnya bidan) yang biasa merawat kehamilan bunda, serta nama dan nomor kontak keluarga yang bisa dihubungi.

Baca juga: Khasiat buah jeruk bagi si buah hati

8. Bila terjadi kecelakaan. Bila bunda mengalami kecelakaan yang selama perjalanan, kemungkinan besar bunda akan segera dibawa ke rumah sakit untuk memastikan kesehatan bunda dan si kecil. Bila tidak, bunda tetap harus menemuai dokter atau tenaga profesional di bidang kesehatan yang lain untuk memeriksa keadaan bunda dan calon buah hati. Jangan abaikan hal ini walau yang terjadi hanya kecelakaan kecil dan tidak ada cedera serius. Bila bunda mengalami kram, pendarahan, atau rasa sakit beberapa hari setelah kecelakaan, segera hubungi tenaga kesehatan yang biasa merawat kehamilan bunda. Bila tidak bisa, langsung saja pergi ke rumah sakit supaya bunda bisa segera mendapat pertolongan medis.

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
New
Sarung Bantal Ibu Hamil

10%

Rp 135.000 150.000
New
Bantal Guling Ibu Hamil (maternity pillow)

6%

Rp 375.000 400.000
New
Bedong Bayi Instant Animal

23%

Rp 58.000 75.000

Produk Terbaru